5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Ditekuk Irak di Piala Asia U-23

NTVNews - 3 Mei 2024, 08:08
Zaki Islami
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Irak vs Timnas Indonesia Irak vs Timnas Indonesia (Twitter: Timnas Indonesia)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-2 dalam perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 2 April 2024.

Satu gol Timnas Indonesia ditorehkan Ivar Jenner (19'). Sedangkan kedua gol Irak dibukukan Zaid Tahseen (27') dan Ali Jasim (96'). Berikut beberapa fakta menarik duel Irak vs Timnas Indonesia:

1. Irak Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Witan Sulaeman gagal membawa Indonesia memenangkan pertandingan melawan Irak pada perebutan tempat k Witan Sulaeman gagal membawa Indonesia memenangkan pertandingan melawan Irak pada perebutan tempat k

Usai mengalahkan Timnas Indonesia dan menempati peringkat ketiga di Piala Asia U-23, Irak di pastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Mereka akan satu grup dengan sang juara Piala Dunia yaitu Timnas Argentina

2. Peluang Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Dua pemain Irak mengawal pergerakan pemain Indonesia pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 20 <b>(Dok PSSI)</b> Dua pemain Irak mengawal pergerakan pemain Indonesia pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 20 (Dok PSSI)

Peluang Timnas Indonesia untuk bermain di Olimpiade Paris 2024 masih terbuka lebar. Skuad asuhan Shin Tae yong akan menghadapi negara asal Afrika yaitu Guinea di babak play off. Laga ini akan gelar pada Kamis 9 Mei 2024 mendatang di Stadion Clairefontaine.

3. Catatan Irak

Setelah mengalahkan Timnas Indonesia, Irak memiliki torehan cukup apik yaitu meraih empat kali kemenangan dan satu kali kekalahan dalam lima pertandingan terakhir. Kekalahan tersebut didapatkan saat menghadapi Jepang di babak Semifinal Piala Asia U-23.

4. Zaid Tahseen Terbaik

Zaid Tahseen mampu tampil luar biasa di lini belakang Irak. Pemain berusia 23 tahun itu terlihat beberapa kali merepotkan barisan penyerangan Timnas Indonesia serta sesekali melakukan pemotongan bola ketika para pemain Indonesia melakukan umpan silang.

Zaid Tahseen berhasil membawa Irak menyamakan kedudukan ketika mereka tertinggal gol terlebih dahulu atas Timnas Indonesia. Atas penampilan gemilangnya, ia terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

5. Kata Shin Tae yong

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong optimistis membawa Garuda Muda terbang ke Olimpiade Par

Meskipun menelan kekalahan, Shin Tae yong tetap memberikan apresiasi kepada para pemain Timnas Indonesia. Hal itu ia sampaikan ketiak pertandingan berakhir.

"Tentu saja para pemain sangat letih dan habis. Saya pikir selama 2-3 hari kami harus fokus recovery tanpa menyentuh bola setelah itu ada 3-4 hari kami akan menyentuh taktik dan analisis permainan lawan," ungkap pelatih asal Korea Selatan itu, dilansir situs resmi PSSI.

Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap 4 tim Asia akan bertanding di Olimpiade," lanjutnya.

x|close