Head to Head Indonesia vs Irak: Tim Merah Putih Baru Dua Kali Menang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jun 2024, 19:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia bakal bertemu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024), kick off pukul 16.00 WIB. Pertandingan ini merupakan lanjutan dari putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Selain Irak, Indonesia juga masih menyisakan satu laga lagi melawan Filipina. Pertandingan ini akan digelar di lokasi yang sama lima hari berikutnya atau pada Selasa (11/6/2024).

Berada di urutan kedua klasemen sementara grup F dengan koleksi 7 poin dari empat laga, peluang Indonesia menuju putaran ketiga sangat terbuka. Dengan tambahan tiga poin saja, pasukan Shin Tae-yong dipastikan bakal mengikuti jejak Irak yang sudah lolos dari grup F. 

Namun Irak tentu bukan lawan sembarangan. Dalam dua pertemuan terakhir, Irak diketahui selalu berhasil mengalahkan pasukan Shin Tae-yong. Setelah menang 5-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak kembali mengalahkan Tim Merah Putih dengan skor 3-1 di Piala Asia 2023 lalu. 

Secara keseluruhan, Indonesia sudah 14 kalu bertemu Irak di level timnas senior. Dan hasilnya, tim Merah Putih baru menang 2 kali, tiga kali imbang, dan delapan kali menelan kekalahan. 

Irak yang sudah lolos ke putaran ketiga bisa saja menyimpang sebagian kekuatannya saat bertemu Indonesia. Hanya saja, bukan berarti Singa Mesopotamia bakal tampil seadanya. Sebaliknya, Irak telah bertekad untuk memberikan penampilan terbaik di SUGBK. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak terlalu terbeban dengan rekor pertemuan dengan Irak. Apalagi, dua kekalahan beruntun yang diraih timnya atas Irak, bukan melulu karena teknis. Karena itu, STY optimistis Marselino Ferdinan cs bakal memberikan perlawanan di GBK. 

"Pertandingan pertama kita kalah 1-5, tetapi waktu itu memang Timnas Indonesia mengalami masalah kondisi tubuh yang kurang fit saat perjalanan ke Irak, apalagi belum adaptasi cuaca dan jet lag juga," ungkap Shin Tae Yong. "Setelah itu kita pindah langsung usai pertandingan menghadapi Irak ke Filipina, jadi away kemarin sangat melelahkan bagi para pemain juga." 

Halaman
x|close