Kalah dari Irak, Bagaimana Cara Indonesia Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 20:05
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 0-2 melawan Irak pada putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024). Meski demikian, bukan berarti peluang Tim Merah Putih untuk melaju ke putaran ketiga sudah pasti tertutup.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, timnas menyerah lewat dua gol yang bersarang di babak kedua. Masing-masing dicetak lewat penalti Aymen Hussein (54') dan gol Ali Jasim (88'). Dalam duel ini, Jordi Amat dikartu merah pada menit 59. 

Kemenangan ini semakin memantapkan posisi Irak di puncak klasemen Grup F dengan torehan 15 poin dari 5 laga. Sementara Indonesia tetap di urutan kedua dengan koleksi 7 poin dari 5 laga. Sementara urutan ketiga masih ditempati Vietnam yang terpaut 4 poin dari Skuad Garuda.

Meski kalah dari Irak, peluang Indonesia ke putaran ketiga masih terbuka. Apalagi, pasukan Shin Tae-yong masih memilikis satu laga lagi melawan Filipina di SUGBK, Selasa (11/4/2024). 

Nah, ada beberapa cara yang bisa meloloskan Indonesia. Pertama, tentu saja kemenangan melawan Filipina. Tambahan tiga poin bakal mengantar Indonesia menjadi runner up grup F tidak perduli apapun hasil yang diraih Vietnam dan Filipina pada laga terakhir mereka. 

Lalu cara lainnya seperti apa?

Vietnam bermain imbang melawan Filipina. Dengan hasil ini, Indonesia hanya perlu imbang di laga terakhir. Jika Filipina yang menang, maka Indonesia juga cukup imbang melawan Filipina. 

Skenario lainnya adalah bila Vietnam yang menang atas Filipina tapi kalah melawan Irak dan berhasil imbang melawan Filipina. 

Halaman
x|close