Pelatih Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Ernando Ari Jelang Indonesia vs Filipina

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Jun 2024, 17:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Ernando Ari jadi salah satu yang paling disorot pada kekalahan Timnas Indonesia melawan Irak, pekan lalu. Sosoknya banyak dibahas setelah melakukan blunder fatal yang berujung pada gol kedua Singa Mesopotamia ke gawang Tim Merah Putih kala itu. 

Seperti diketahui, Ernando menjadi pilihan utama sang pelatih Shin Tae-yong pada pertandingan melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (6/6/2024). Ini merupakan laga lanjutan Skuad Garuda pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Sebagai runne up grup F dengan 7 poin, Timnas Indonesia sejatinya hanya membutuhkan tambahan tiga poin untuk mengunci tiket putaran ketiga. Sayang, peluang itu terbuang percuma saat pasukan Shin Tae-yong dipaksa menelan kekalahan 0-2 oleh Singa Mesopotamia. 

Dalam laga ini, Ernando sebenarnya sempat melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. Hanya saja, keputusannya untuk mengecoh penyerang lawan Ali Jasim pada menit ke-88 berbuah petaka. Bola berhasil direbut Ali dan segera mengarahkannya ke gawang yang sudah kosong. 

Indonesia pun tertinggal 0-2 setelah sebelumnya kobobolan lewat penalti Aymen Hussein. 

Ernando sangat terpukul. Usai pertandingan dia bahkan langsung dihibur oleh rekan-rekannya. 

Kekalahan ini membuat langkah Indonesia menuju putaran ketiga bertambah berat. Sebab, Vietnam yang hanya terpaut 1 poin bisa saja mendongkel posisi Indonesia dari urutan kedua. 

Timnas Indonesia <b>(Situs PSSI)</b> Timnas Indonesia (Situs PSSI)

Pelatih Shin Tae-yong tidak bisa menutup mata terhadap blunder yang dilakukan Ernando. Menurutnya, keputusannya tidak segera membuang bola merupakan kesalahan fatal. 

Halaman
x|close