Apa yang Terjadi Bila Vietnam dan Indonesia Berakhir dengan Poin yang Sama?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jun 2024, 09:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia Timnas Indonesia (Situs PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta, Selasa (11/6/2024). Dalam laga ini, pasukan Shin Tae-yong sebaiknya memetik poin penuh agar tidak tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini masih tersisa satu tiket ke putaran ketiga dari persaingan zona Asia grup F. Indonesia dan Vietnam pun akan bersaing hingga laga terakhir untuk menemani Irak yang  lebih dulu lolos. 

Indonesia untuk sementara memang masih berada di urutan kedua dengan 7 poin. Namun pasukan Shin Tae-yong tidak bisa lengah karena Vietnam semakin dekat menguntit di belakang. 

Kemenangan atas Filipina otomatis membuat Indonesia lolos ke putaran ketiga. Sebab dengan 10 poin, Indonesia tidak mungkin dikejar Vietnam sekalipun menang melawan Irak di laga terakhir. 

Indonesia juga masih bisa lolos bila seri atau kalah melawan Filipina. Hanya saja, nasibnya akan tergantung hasil laga lain di mana Vietnam harus kalah dari Irak pada pertandingan terakhirnya.

Menariknya, Indonesia dan Vietnam punya peluang mengakhiri grup F dengan poin yang sama. Itu terjadi bila Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam berhasil menahan imbang timnas Irak.

Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam <b>(dok PSSI)</b> Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam (dok PSSI)

Dalam situasi seperti ini, kedua tim sama-sama mengoleksi 7 poin. Lantas siapa yang lolos?

Sebaiknya, Indonesia menghindari skenario ini. Sebab sesuai aturan Piala Dunia terbaru, situasi ini otomatis bakal meloloskan Vietnam ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.  Hal itu karena Vietnam bakal memiliki selisih gol lebih baik dibandingkan Timnas Indonesia.

Halaman
x|close