Preview Timnas Indonesia vs Filipina: Menang atau Meradang!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jun 2024, 14:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi laga hidup-mati melawan Filipina di Stadion Utama Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024), kick off 19.30 WIB. Ini jadi momen penentuan bagi langkah Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Sejauh ini, Indonesia belum beranjak dari urutan kedua papan klasemen Grup F dengan 7 poin. Meski demikian bukan berarti posisi Tim Merah Putih menuju putaran ketiga sudah aman. Kekalahan 0-2 yang dialami dari Irak pada laga sebelumnya membuat Timnas Indonesia kini rentan digusur oleh Vietnam yang menguntit di urutan ketiga dengan selisih hanya 1 poin. 

Kekalahan atas Filipina memang tidak langsung menutup peluang Garuda ke putaran ketiga. Hanya saja, skenario ini sangat riskan mengingat Tim Merah Putih harus bergantung pada kemampuan Irak mengalahkan Vietnam di Basra International Stadium, Rabu dini hari WIB. 

Baca juga: 3 Cara Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jika Irak sampai imbang atau malah kalah dari Vietnam, maka langkah Indonesia akan terhenti. Vietnam selanjutnya akan menemani Irak melaju ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Nah demi menghindari skenario terburuk ini, Indonesia tidak punya pilihan. Pasukan Shin Tae-yong harus mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memenangkan duel melawan Filipina. 

Di atas kertas, pilihan ini bukanlah sebuah keniscayaan. Sebab selam ini, Indonesia punya rekor yang bagus saat bertemu The Azkals. Dari 28 pertandingan, timnas Indonesia setidaknya sudah berhasil mencatatkan 23 kemenangan, 4 kali hasil imbang, dan baru sekali kalah. 

Kiper Filipina, Neil Etheridge <b>(IG Neil Etheridge)</b> Kiper Filipina, Neil Etheridge (IG Neil Etheridge)

Materi pemain juga boleh dikatakan masih lebih unggul. Pasukan Shin Tae-yong yang diperkuat oleh sederet pemain dari kompetisi Eropa kini jadi kekuatan baru di sepak bola Asia. 

Halaman
x|close