Uber Cup 2024: Jadi Penentu Langkah Indonesia ke Final, Komang Ayu Sempat Bermain dalam Tekanan

NTVNews - 4 Mei 2024, 15:25
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Komang Ayu jadi penentu kemenangan Tim Indonesia atas Korea Selatan di semifinal Uber 2024. (Antara) Komang Ayu jadi penentu kemenangan Tim Indonesia atas Korea Selatan di semifinal Uber 2024. (Antara) (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Komang Ayu jadi pahlawan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di babak semifinal Uber Cup 2024, Sabtu (4/5/2024). Kegigihannya berbuah tiket ke final usai menang rubber gim melawan Kim Min Sun, 17-21, 21-16, 21-19.

Kemenangan ini membuat Indonesia unggul 3-2 sekaligus memastikan langkah ke final Piala Uber 2024. Di partai puncak, Indonesia akan berhadapan dengan China yang menang 3-0 atas Jepang di babak semifinal.

Asa Srikandi Merah Putih berada di pundak Komang setelah Korsel mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pada laga yang berlangsung di Chendu Sport Centre, Indonesia sebelumnya memetik poin melalui tunggal putri, Gregoria Mariska dan Ester Nurumi, tapi Korsel  unggul di nomor ganda dan menyamakan kedudukan lewat Jeon Na Eun/Kong Hee Yong dan Jeon Na Eun/Kong Hee Yong.

Di babak penentuan, Komang sempat tertinggal 17-21 di set pertama.  Komang lalu bangkit di set kedua dan memimpin hingga 12-6. Kim coba mengejar dan mempersempit jarak jadi 16-14, tapi Komang tetap tenang hingga akhirnya sukses menutup laga dengan skor 21-16.

Pertarungan sengit terjadi pada set penentuan. Komang dan Kim bergantian memimpin skor. Setelah berbalik unggul 11-9, Komang terus melesat hingga memimpin 15-9.

Kim berusaha mengejar, Komang berhasil merebut set ketiga dengan skor 21-19 dan mengubah kedudukan jadi 3-2 untuk Indonesia. Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian panjang Indonesia setelah terakhir kali tampil di final pada 2008 lalu.

“Jujur saya tegang banget, saya tadi berada di underpressure, saya juga termasuk pemain yang masih junior, saya juga menjadi penentu (kemenangan). Astungkara (atas kehendak Tuhan) saya bisa melalui semuanya dengan baik,” kata Komang Ayu dilansir dari Antara.

Mengenai pertandingan melawan Kim, Komang mengaku sempat tertekan hingga merelakan set pertama.  Beruntung dia berhasil bangkit dan kembali fokus.

Dia pun akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalahkan China di final. “Kesempatan itu pasti selalu ada, yang jelas kami akan mencoba yang terbaik besok,” ujar Komang.

Halaman
x|close