Mengenal Tirangle Armbar, Senjata Kuno MMA yang Bikin Jeka Saragih Kalah di UFC

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jun 2024, 12:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Jeka Saragih berusaha keluar dari kuncian triangle armbar Westin Wilson Jeka Saragih berusaha keluar dari kuncian triangle armbar Westin Wilson (UFC)

Ntvnews.id, Jakarta - Jeka Saragih menelan kekalahan perdana di arena UFC. Petarung asal Amerika Serikat, Westin Wilson memberi noda bagi rekor bertandingnya usai memaksa petarung asal Simalungun itu melakukan tap pada ronde pertama di UFC Fight Night, Minggu (16/6/2024). 

Dalam duel ini, Jeka menyerah di ronde pertama lewat submission. Ini sekaligus jadi kekalahan pertama Jeka di arena UFC setelah dalam debutnya menang mudah atas Lucas Alexander. 

Pada pertandingan yang berlangsung di UFC Apex, Las Vegas, Jeka yang berpostur lebih pendek terjebak kuncian triangle armbar Westin yang menjepit leher dan lengan kirinya. Jeka berusaha melepaskan diri dengan membanting Westin sebanyak dua kali. Sayang, Westin yang tengah memburu kemenangan perdana di arena UFC bertahan dan semakin mengencangkan kunciannya.

Westin kemudian menjatuhkan Jeka dan terus mengencangkan jepitan kaki di leher dan lengan Jeka hingga memaksanya melakukan tap setelah berjuang selama 1 menit 49 detik di ronde 1. Menurut MMA Junkie, ini adalah kemenangan triangle armbar ke-12 dalam sejarah UFC.

Nah, sebenarnya seberapa efektif teknik ini dalam pertarungan MMA?

Dikutip dari bbjfanatics, kuncian segitiga ke bagian leher dan lengan adalah teknik terbaik dan paling mematikan dari seni bela diri Brazilian Jiu Jitsu. Ada beberapa alasan kenapa teknik ini termasuk salah satu 'jurus' terbaik dalam teknik submissions bagi para petarung MMA

Triangle armbar tidak hanya serbaguna dan efektif tetapi juga saling melengkapi dengan sangat baik.  Anda dapat bertransisi dengan sempurna dari segitiga ke armbar dan dari armbar ke segitiga dan Anda dapat melakukannya dari beberapa posisi berbeda.  Banyak orang yang mengetahui cara berpindah dari satu latihan ke latihan lainnya di awal perjalanan Jiu Jitsu mereka.

Sejarah Triangle Armbar dalam BJJ

Halaman
x|close