Tekuk Hungaria, Jerman Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Jun 2024, 07:15
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Jerman lolos ke 16 besar Euro 2024 Jerman lolos ke 16 besar Euro 2024 (Twitter DFB)

Ntvnews.id, Jakarta - Tuan rumah Jerman jadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Tim Panser melaju ke fase knock out usai mengalahkan Hungaria 2-0 pada laga penyisihan grup A yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena, Berlin yang berakhir pada Kamis dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Jerman dicetak Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan.

Kemenangan ini membuat Jerman mengemas 6 poin dari dua pertandingan. Jerman masih menyisakan satu laga lagi melawan Swiss untuk memastikan posisi juara grup A.

Sementara itu Hungaria harus memenangkan pertandingan terakhir lawan Skotlandia bila ingin menjaga asa ke babak 16 besar sebagai peringatan tiga terbaik.

Jalannya pertandingan

Hungaria sebenarnya sempat merepotkan Jerman di awal babak pertama. Rolland Sallai sempat menembus kotak penalti Jerman pada menit pertama usai memenangi perebutan bola dengan Joshua Kimmich. Beruntung, sepakannya masih bisa diblok kiper veteran Manuel Neuer.

Jerman langsung merespons empat menit kemudian lewat Kai Havertz. Namun, tembakan jarak jauhnya sukses diamankan penjaga gawang Hungaria, Peter Gulacsi.

Havertz kembali mendapatkan peluang enam menit kemudian. Usai memenangi duel perebutan bola dengan Willi Orban, pemain Arsenal itu tinggal berhadapan dengan Gulacsi. Sayangnya Havertz gagal menaklukkan Gulacsi.

Jerman akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-22. Gol bermula dari serangan Jerman yang berujung pada umpan Musiala ke arah Ilkay Gundogan. Kapten Timnas Jerman itu tampil ngotot di kotak penalti hingga mendorong Willi Orban sebelum mengirim bola ke Musiala.

Musiala menuntaskan umpan Gundogan dengan tembakan jarak dekat yang gagal diselamatkan Gulacsi.

Gol tersebut sempat diprotes para pemain Hungaria karena merasa Gundogan lebih dulu melanggar Orban untuk menguasai bola.

Namun, pengecekan VAR menyatakan gol tersebut sah. Kontak antara Orban dan Gundogan dinilai bukan pelanggaran. Jerman memimpin 1-0.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Toni Kroos berpeluang menambah skor bagi Jerman lewat tembakan jarak jauhnya pada menit ke-55, tetapi upayanya belum dapat menaklukkan Gulacsi.

Die Mannschaft baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-67. Berawal dari umpan cepat ke kaki Maximilian Mittelstadt yang kemudian mengirimkan umpan silang datar dari sisi kiri ke kotak penalti. 

Halaman
x|close