Bek Spanyol, Rodri Jadi Tumbal Pertama Aturan Baru Euro 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jun 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Bek Spanyol, Rodri jadi tumbal baru aturan baru Euro 2024 Bek Spanyol, Rodri jadi tumbal baru aturan baru Euro 2024 (Screenshot)

Ntvnews.id, Jakarta - Aturan baru yang diterapkan di Euro 2024 mulai memakan korban. Tumbal pertama adalah pemain Spanyol, Rodri yang membuatnya harus absen selama satu pertandingan. 

Rodri kembali diganjar kartu kuning pada saat Spanyol bertemu Italia, Jumat (21/6). Bukan karena pelanggaran. Rodri dapat peringatan keras hanya karena mengajukan protes kepada wasit.

Sebenarnya tidak ada tindakan berlebihan dari pemain Manchester City itu. Namun aturan terbaru Euro 2024 telah melarang pemain yang bukan kapten untuk berbicara kepada wasit. Artinya dalam laga tersebut, hanya Alvaro Morata yang berhak berkomunikasi dengan pengadil lapangan. 

Dia adalah kapten La Furia Roja. Sementara pemain Real Madrid, Dani Carvajal jadi wakil kapten. 

Celakanya, ini merupakan kartu kuning kedua Rodri di babak penyisihan grup Euro 2024. Sebelumnya, dia sudah diganjar hukuman yang sama saat laga melawan Kroasia hingga membuatnya terpaksa absen saat Spanyol bertemu Albania pada laga terakhir Grup B. 

Kartu kuning pertama Rodri juga tak kalah 'aneh'. Sebab hukuman itu diberikan karena Rodri melanggar Bruno Petkovic yang tinggal berhadapan dengan kiper di kotak penalti. 

Pada edisi-edisi sebelumnya, pelanggaran seperti ini biasanya diganjar dengan kartu merah dan hadiah penalti kepada tim lawan. Hanya saja, peraturan baru yang diterbitkan IFAB telah meringankan hukuman Rodri. Dia hanya diganjar kartu kuning plus penalti untuk Kroasia.   

Seperti diketahui, aturan terbaru yang dikeluarkan IFAB telah menetapkan kalau seorang pemain bertahan menggagalkan peluang lawan untuk mencetak gol dengan melakukan pelanggaran berupa upaya untuk memainkan bola atau merebut bola di dalam area penalti, maka tindakan tersebut hanya dianggap sebagai perilaku tidak sportif yang perlu diganjar kartu kuning. 

Halaman
x|close