Topeng Baru Kylian Mbappe Tidak Bisa Dipakai di Euro 2024, Kenapa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Jun 2024, 15:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Kylian Mbappe saat memperkuat timnas Prancis melawan Austria di Euro 2024 Kylian Mbappe saat memperkuat timnas Prancis melawan Austria di Euro 2024 (FFF)

Ntvnews.id, Jakarta - Kylian Mbappe memperlihatkan topeng barunya saat latihan bersama timnas Prancis, Kamis (20/6/2024). Bentuknya unik dengan warna khas bendera Prancis. Sayang, mantan pemain PSG itu sepertinya tidak akan diizinkan mengenakan topeng ini di Euro 2024.

Mbappe seperti diketahui baru saja mengalami patah hidung pada pertandingan melawan Austria pada babak penyisihan Grup D, 18 Juni lalu. Insiden bermula saat pemain yang baru bergabung dengan Real Madrid tersebut melompat untuk merebut bola yang mengarah kepadanya.   

Di saat yang bersamaan, pemain Austria Kavin Danso juga ikut melompat dan tanpa sengaja menghajar hidung Mbappe dengan pundaknya. Akibat kejadian itu, Mbappe harus mendapat pertawan akibat darah yang mengucur dari hidungnya. Dia masih sempat melanjutkan pertandingan sebelum akhirnya ditarik pada menit ke-90 menyusul darah yang terus mengucur.

Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe <b>(Instagram)</b> Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe (Instagram)

Mbappe kemudian dibawa ke rumah sakit setelah perandingan. Meski demikian, tim medis menilai Mbappe belum perlu menjalani operasi, tapi mengusulkan untuk mengenakan topeng pelindung.

Mbappe sendiri sudah tertangkap kamera sedang mengenakan topeng saat latihan. Hanya saja, menurut laporan The Athletic, coraknya tidak sesuai denan aturan yang berlaku di sepak bola. 

Menurut media tersebut, UEFA memiliki aturan khusus seputar topeng pemain yang berbunyi bahwa peralatan medis 'harus satu warna dan bebas dari identitas tim dan pabrikan'.

Karena itu, Federasi Sepak Bola Prancis harus memastikan bahwa topeng apa pun yang dikenakan Mbappe sudah disetujui oleh UEFA menjelang pertandingan melawan Belanda. Menurut The Athletic, topeng yang sesuai regulasi kini sudah disiapkan untuk mantan pemain Monaco itu.

Berikut ini bunyi lengkap aturan UEFA terkait alat bantu medis yang dipakai pemain di lapangan:

Halaman
x|close