Iwan Bule Ungkap Cara Mencegah Program Naturalisasi Ugal-ugalan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jun 2024, 14:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Program naturalisasi pemain dianggap jadi salah satu kunci peningkatan performa timnas Indonesia belakangan ini. Perburuan terhadap para pemain keturunan juga masih terus berlanjut. Tidak hanya di level senior, tapi juga di kelompok usia U-20 tahun. 

Program naturalisasi pemain sebenarnya bukan hal baru di sepak bola Indonesia. Perburuan juga sudah dilakukan Saat PSSI dipimpin oleh Mochamad Iriawan pada 2019-2023 lalu. Saat itu, Shin Tae-yong meminta agar otoritas sepak bola Tanah Air itu mencari pemain-pemain keturunan berbakat demi meningkatkan daya saing Indonesia di level yang lebih tinggi dari Asia Tenggara. 

Iwan Bule, panggilan akrab Mochamad Irawan kepada ntvenews.id, mengaku tidak anti dengan program naturalisasi pemain. Dia juga sepakat saat STY meminta PSSI melakukan hal itu. Hanya saja, Iwan Bule ingin agar porgram seperti ini bisa lebih terarah dan tidak ugal-ugalan.     

"Mengenai naturalisasi, kami putuskan bersama bapak Menpora saat itu Zainudin Amali yang saat ini jadi wakil ketua umum PSSI. Kita memutuskan untuk naturalisasi harus timnas yang minta, bukan klub. Klub bawa pemain luar, terus dia ajukan naturalisasi, sudah tidak bisa lagi," katanya. 

Iwan Bule <b>(Youtube: NTV News)</b> Iwan Bule (Youtube: NTV News)

"Jadi harus timnas, agar hasilnya bagus-bagus sesuai keinginan pelatih timnas. Dulu kasihan tuh. Kawan saya besoknya mau ngajukan naturalisasi kipernya, tidak boleh karena saya harus komit. Jadi sekarang alhamudillah semua naturalisasi itu main di timnas semua," bebernya. 

Setidaknya ada lima pemain keturunan yang merampungkan proses naturalisasi di era Iwa Bule. Mereka adalah Marc Anthony Klok, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Selain itu, tiga pemain lainnya, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner proses naturalisasinya di zaman Iwan Bule. Mereka juga kini sudah bagian dari timnas Indonesia

"Dulu sempat ribut-ribut ada naturalisasi kok gitu-gitu saja. Mohon maaf, dulu ada pemain naturalisasi tua-tua datang. Orang-orang ribut karena mikir jangan-jangan mereka cuma pengen jadi WNI saja meskipun saat itu mereka main juga," ujar Iwan soal alasan PSSI mengubah aturan naturalisasi pemain. "Alhamdulillah ternyata itu membawa hasil yang cukup bagus sekarang."

Untuk mengikuti wawancara lengkap Iwan Bule, Anda bisa saksikan PODCAST DPO di bawah ini:

Halaman
x|close