Zhang Ziyu, Pebasket Muda China yang Lebih Tinggi dari Shaquille O'Neal

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Jun 2024, 12:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Zhang Ziyu, pebasket muda China yang tinggi menjulang Zhang Ziyu, pebasket muda China yang tinggi menjulang (FIBA)

Ntvnews.id, Jakarta - Sosok Zhang Ziyu mencuri perhatian pada kejuaraan FIBA U-18 Women's Asia Cup 2024. Posturnya yang tinggi menjulang membuat Ziyu sangat mencolok di lapangan. 

Bagaimana tidak. Di usia yang baru 17 tahun, Ziyu sudah memiliki tinggi badan 220 cm. Dia bahkan 4 cm lebih tinggi daripada legenda NBA, Shaquille O'Neal yang memiliki postur 216 cm.

Wajar bila kehadiran Ziyu di lapangan membuat pemain lain terlihat seperti 'liliput'. Contohnya, ketika China bertemu Indonesia di Loghua Cultural and Sports Center, Senin (24/6/2024). Dalam laga yang dimenangkan oleh China dengan skor 109-50 itu, Ziyu tampak seperti raksasa. 

Zhang Ziyu benar-benar bisa memaksimalkan keunggulan postur tubuhnya. Menurut data dia mampu mencetak 19 poin, 7 rebound, 2 asist, 2 steals, dan 3 blok. Menariknya, semua catatan gemilang itu dibukukannya dalam tempo 13 menit dari bangku carangan.

Zhang kembali tampil brilian di laga kedua China kontra Selandia Baru, Selasa (25/6). Tampil sebagai starter, pebasket kelahiran 2 Mei 2007 ini jadi aktor kemenangan Tiongkok 90-68.

Dari 90 poin China, 36 disumbang Zhang dan menjadi pemain yang paling banyak bikin poin di laga tersebut. Zhang juga 13 bikin rebound, 1 assist dan 4 kali blok menghadapi Kanada.

Penampilan gemilang Zhang Ziyu mendapat perhatian luas dari para penggemar bola basket. Foto dan cuplikan pertandingannya kini beredar luas di media sosial dan jadi bahan pembahasan.  

FIBA juga tidak ketinggalan dalam menyoroti penampilan Zhang Ziyu. 

Halaman
x|close