Link Live Streaming Drawing Putaran 3 Piala Dunia 2026 Zona Asia, Siapa Lawan Timnas Indonesia?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 12:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania Pemain timnas Indonesia jelang duel melawan Tanzania (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Drawing putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bakal berlangsung di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia pada hari ini, Kamis (27/6/2024). Sebanyak 18 tim peserta, termasuk Indonesia selanjutnya akan dibagi ke dalam tiga grup.  

Proses drawing akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi RCTI pukul 14.00 WIB. Para pencinta sepak bola Tanah Air juga bisa mengikutinya lewat live streaming gratis di situs FIFA. 

Seperti diketahui, ranking terbaru FIFA tidak mengubah posisi Indonesia. Skuad Merah Putih masih tertahan di urutan ke-134 meski berhasil mengalahkan Filipina 2-0, Selasa (11/6/2024).

Pada pertandingan ini, Skuad Garuda berhasil unggul lewat gol Thom Haye dan Rizki Ridho. Kemenangan atas Azkals juga sekaligus mengantar Indonesia ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai runner up Grup F dengan torehan 10 poin dari enam pertandingan.

Kekalahan 0-2 dari Irak pada 6 Juni 2024 membuat perolehan poin timnas Indonesia tidak maksimal. Dari dua laga yang dilalui sepanjang Juni, Indonesia hanya kebagian 6.03 poin saja.

Kondisi ini tentu sangat berpengaruh pada perjalanan Timnas Indonesia pada putaran ketiga nanti. Sebab ranking terbaru FIFA menjadi acuan bagi Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC dalam membagi pot untuk pengundian (drawing) di Kuala Lumpur pada 27 Juni mendatang.

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia <b>(dok PSSI)</b> Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (dok PSSI)

Masing-masing pot akan dihuni oleh 3 negara yang disesuaikan dengan posisi ranking FIFA. Pot pertama tentu dihuni oleh tiga negara dengan peringkat FIFA tertinggi di kawasan Asia. Sementara tiga negara dengan peringkat terendah akan berada di pot terakhir atau 6.

Selanjutnya, 18 tim yang lolos ke putaran ketiga akan dibagi ke dalam 3 grup. Hanya dua tim teratas di klasemen akhir yang berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2026, sedangkan tim-tim peringkat ketiga dan keempat akan memainkan kualifikasi pada putaran keempat.

Halaman
x|close