Riwayat Pertemuan Terakhir Indonesia dengan Penghuni Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Selalu Kalah, Hanya Mampu Cetak 1 Gol

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Jun 2024, 17:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia Timnas Indonesia (Situs PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Hasil drawing putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menempatkan Indonesia di grup sulit. Pasukan Shin Tae-yong harus berjibaku melawan tim-tim terbaik Asia demi menjaga peluang tampil di pesta olahraga sepak bola empat tahunan tersebut. 

Proses pengundian yang berlangsung di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) menempatkan Indonesia di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. 

Baca juga: Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Masuk Grup C Bersama China, Bahrain, Arab Saudi, Australia dan Jepang

Di atas kertas, Jepang jadi tim terberat di grup ini. Samurai Biru seperti diketahui merupakan langganan Piala Dunia dan saat ini menjadi negara dengan peringkat tertinggi di putaran tiga.  Dalam ranking terbaru yang dirlisi FIFA, Juni 2024, Jepang masih menempati posisi 17 dunia.

Indonesia sendiri terakhir kali bertemu Jepang pada Piala Asia 2023 lalu. Di babak penyisihan, Tim Merah Putih dipaksa menyerah dengan skor 1-3 di Al Thumama Stadium, Doha, 24 Januari 2024. Dalam laga ini, satu-satunya gol Indonesia dipersembahkan oleh Sandy Walsh menit 90+1.

Indonesia vs Bahrain <b>(Tangkapan layar Youtube)</b> Indonesia vs Bahrain (Tangkapan layar Youtube)

Australia juga bukan lawan yang mudah. Seperti halnya Jepang, tim Socceroos juga sudah bolak-balik tampil di Piala Dunia. Bahkan pada edisi 2022 Qatar, Australia mampu lolos hingga ke 16 besar. Langkah mereka baru terhenti setelah kalah dengan skor tipis 1-2 melawan Argentina. 

Australia telah membuktikan ketangguhannya di hadapan timnas Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu. Saat itu, Socceroos berhasil menang dengan skor cukup telak 4-0.  

Lalu seperti apa riwayat pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan tim-tim lain di Grup C?

Halaman
x|close