Menpora Dito Optimistis Timnas Indonesia Mampu Bersaing di Grup C Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Jun 2024, 08:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Menpora Dito Menpora Dito (Kemenpora)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo optimistis timnas Indonesia bisa bersaing dalam Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di fase ini, pasukan Merah Putih akan bertemu China, Bahrain, Arab Saudi, Australia, dan Jepang. 

Dito seperti dikutip dari laman Kemenpora, Sabtu (29/6), menyebut skuad Garuda punya mentalitas tinggi untuk bersaing dengan tim-tim kuat. Karena itu dia yakin Indonesia mampu bersaing memperebutkan tempat di Piala Dunia 2026 yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, pada 11 Juni sampai 19 Juli mendatang.

"Timnas Indonesia tetap optimis, semangat mereka tetap ya ingin berjuang keras dan akan bertemu dengan negara-negara hebat lainnya," kata Dito saat membuka Ustaz Adi Hidayat (UAH) International Super Series IV-Piala Kemenpora di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6).

Lebih lanjut dia mengatakan, tim asuhan Shin Tae-yong (STY) telah melakukan persiapan intensif dan latihan yang optimal, sehingga semua kemampuan akan diberikan saat bertanding nanti.

Ketum PSSI, Erick Thohir beri pengarahan di kamar ganti timnas Indonesia <b>(Istimewa)</b> Ketum PSSI, Erick Thohir beri pengarahan di kamar ganti timnas Indonesia (Istimewa)

"Kami sangat mengapresiasi, karena ini adalah pencapaian (lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia) yang paling jauh dan saya kira persiapan mereka juga sangat total," ujarnya. 

Ia menambahkan, dengan menghadapi tim-tim kuat dalam kualifikasi itu, Rizky Ridho dan kawan-kawan akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga untuk kemajuan sepak bola Indonesia, serta meningkatkan soliditas timnas.

Sebanyak 18 negara bakal tampil di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia lolos setelah menempati peringkat kedua pada klasemen grup F dengan 10 poin.

Para peserta putaran ketiga selanjutnya dibagi ke dalam tiga grup. Dua tim teratas bakal lolos secara otomatis menuju putaran final Piala Dunia di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanda.

Peringkat 3 dan 4 selanjutnya tampil di ronde keempat dan dua tim teratas masing-masing grup juga lolos ke babak utama. Sementara sisanya akan berjuang mendapatkan jatah playoff.

Berikut adalah jadwal lengkap Indonesia di putaran ketiga:

Halaman
x|close