Pelatih Legendaris Argentina Luis Menotti Meninggal Dunia, Lionel Messi Ikut Berduka

NTVNews - 6 Mei 2024, 14:45
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pelatih legendaris Argentina, Cesar Luis Menotti meninggal dunia di usia 87 tahun. (dok  AFA) Pelatih legendaris Argentina, Cesar Luis Menotti meninggal dunia di usia 87 tahun. (dok AFA) (AFA)

Ntvnews.id, Jakarta - Kabar duka datang dari sepak bola Argentina. Cesar Luis Menotti, pelatih yang membawa Tim Tango juara Piala Dunia 1978 meninggal dunia, Minggu (5/5/2024). 

Menotti wafat di usia 85 tahun. AFA telah mengkonfirmasi kabar duka tersebut. 

"Asosiasi Sepak Bola Argentina dengan sangat menyesal melaporkan kematian Cesar Luis Menotti, mantan pelatih juara dunia Argentina,” tulis Argentine Football Association (AFA), Senin (6/5). 

Menotti selama ini dikenal sebagai salah seorang pelatih legendaris Argentina. Sepanjang 37 tahun karier melatihnya, dia telah menangani dua timnas, yakni Argentina dan Meksiko.

Di level klub, Menotti tak hanya sukses dengan klub lokal semacam Boca Juniors dan River Plate. Pelatih kelahiran Rosario Argentina itu juga pernah menangani klub Eropa termasuk, Barcelona, Atletico Madrid, hingga Sampdoria.

Puncak kariernya terjadi saat membawa Argentina juara Piala Dunia 1978. Di final, Tim Tango berhasil mengalahkan Belanda 3-1 berkat dua gol Mario Kempes dan satu gol Ricardo Bertoni. Sementara satu gol untuk Belanda dicetak Willem Nanninga menjelang akhir babak kedua.

Menotti dikenal sebagai perokok berat. Dia juga pelatih tegas yang berani meninggalkan Diego Maradona pada Piala Dunia 1978 setelah memasukkan namanya di skuad Argentina tahun 1977.

Kepergian Menotti telah meninggalkan duka bagi insan sepak bola Argentina. Pemain ternama sekelas Lionel Messi pun menyampaikan kabar duka itu di Instagram Story-nya.

Halaman
x|close