Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia, Asia Junior Championships 2024 Tetap Dilanjutkan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Jul 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Zaki Ubaidillah saat tampil di Asia Junior Badminton Championship 2024 Zaki Ubaidillah saat tampil di Asia Junior Badminton Championship 2024 (PBSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Insiden tragis yang menimpa pebulu tangkis China, Zhang Zhi Jie tidak menghentikan Asia Junior Championships 2024. Kejuaraan beregu yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta tersebut tetap berlanjut dan kini memasuki babak perempat final. 

Indonesia berhasil melewati fase ini dengan mulus. Tim tuan rumah melaju mulus ke babak semifinal setelah berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3-0, Senin (1/7/2024).    

Pada babak perempat final di GOR Amongrogo, Indonesia mengawali kemenangannya lewat penampilan Taufik Aderya/Rinjani Kwinara Nastine. Keduanya berhasil memetik poin pertama setelah mengalahkan wakil Jepang, Rui Yamada/Aya Tamaki dengan skor 21-13, 21-18.

Pada pertandingan kedua, giliran Moh. Zaki Ubaidillah yang menyumbang poin untuk Indonesia usai mengalahkan Kazumo Kawano dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-12.  

Langkah Indonesia menuju semifinal dipastikan oleh ganda Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan. Mereka membawa Indonesia unggul 3-0 usai mengalahkan ganda putra Jepang, Kenta Matsukawa/Yuto Nakashizu dengan skor 21-17, 12-21, 22-20.

Zhang Zhi Jie Pebulutangkias asal China Meninggal Dunia <b>(Twitter: PD Djarum)</b> Zhang Zhi Jie Pebulutangkias asal China Meninggal Dunia (Twitter: PD Djarum)

Zhang Zhi Jie sebelumnya juga ikut ambil bagian pada turnamen ini. Namun naas menimpa pria berusia 17 tahun tersebut saat bertemu wakil Jepang, Kazumo Kawamo pada babak penyisihan grup, Minggu malam (30/6/2024). Dia tiba-tiba kolaps saat hendak menerima sevis lawan.

Petugas medis kemudian membawa Zhi Jie ke rumah sakit. Sayang nyawanya tidak tertolong. Menurut keterangan resmi dari Badminton Asia, Zhi Jie meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB. 

Kepergian Zhang Zhi Jie tentu menyisakan duka bagi para pemain yang ikut ambil bagian dalam turnamen ini, termasuk Zaki Zaki Ubaidillah. Pemain asal Sampang itu turut mendoakan Jie dengan mengikuti acara mengheningkan cipta yang digelar sebelum pertandingan.

Halaman
x|close