Ban Kurang Angin, Marc Marquez Kena Penalti 16 Detik di MotoGP Belanda 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Jul 2024, 18:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Marc Marquez, pembalap Gresini Racing Marc Marquez, pembalap Gresini Racing (Twitter Marc Marquez)

Ntvnews.id, Jakarta - Pembalap Gresini Racing Team, Marc Marquez dijatuhi penalti 16 detik pada MotoGP Belanda 2024. Akibatnya, posisi pembalap asal Spanyol itu melorot ke urutan 10. 

Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6/2024), Marquez sebenarnya berhasil finis di urutan keempat. Namun kesalahan dalam mengukur tekanan ban membuat rider yang dijuluki The Baby Allien itu harus mendapat penalti penguragan waktu. 

"Marc Marquez melorot ke posisi 10 setelah kena penalti akibat kesalahan ukuran tekanan ban," bunyi pernyataan resmi MotoGP melalui akun Instagram-nya usai balapan. 

Sementara pada laman resmi MotoGP disebutkan kalau Marquez dikenai penalti selama 16 detik. Sebelumnya, dia sempat finis di urutan keempat usai terlibat pertarungan sengit melawan Enea Bastinini, Fabio Di Giannantonio, dan Maverick Vinales. "Namun, penalti pasca-balapan membuat #93 itu turun ke P10 dalam hasil perlombaan," tulis laman resmi MotoGP, Minggu.

Seperti diketahui, aturan tekanan ban terbaru pada MotoGP 2024 mengharuskan tekanan ban depan pembalap tetap berada di atas minumum 1,8 bar untuk 60 persen total jarak Grand Prix. Bila kurang dari itu, maka pembalap bakal mendapat sanksi berupa pengurangan 16 detik.  

Dengan perolehan posisi kesepuluh maka juga berpengaruh terhadap perolehan poin pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez yang mengoleksi tambahan 13 poin kini turun menjadi enam poin.

"Ini berarti perolehan poin Marquez dari balapan MotoGP Belanda di Cathedral of Speed ??turun dari 13 poin menjadi enam poin. Rider Spanyol itu masih berpeluang memulihkan perolehan poinnya dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) di GP Jerman akhir pekan depan sebelum jeda musim panas," laman MotoGP mendambahkan.

Sementara itu, balapan di sirkuit legendaris "Cathedral of Speed" akhirnya dimenangkan oleh pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco "Pecco" Bagnaia. Pecco meraih gelar juara tiga kali berturut-turut di GP Assen usai mencatatkan waktu tercepat 40 menit 07,214 detik.

Halaman
x|close