Profil Zahaby Gholy, Taring Muda Macan Kemayoran yang Jadi Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 14:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Zahaby Gholy (kanan) berebut bola dengan pemain Vietnam Zahaby Gholy (kanan) berebut bola dengan pemain Vietnam (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Indonesia memang gagal mempertahankan gelar juara pada ajang Piala AFF U-16 2024. Pasukan Nova Arianto hanya berada di posisi ketiga usai membantai timnas Vietnam 5-0, Rabu (3/7/2024)).

Meski demikian bukan berarti perjuangan Timnas Indonesia U-16 di Stadion Manahan Solo sia-sia begitu saja. Sebaliknya, kejuaraan ini telah memunculkan bintang-bintang baru yang ke depan bisa menjadi stok amunisi bagi timnas Indonesia senior. Salah satunya adalah Zahaby Gholy yang dinobatkan jadi pemain terbaik.

Zahaby Gholy memang bermain luar biasa di Piala AFF U-16 2024. Pemain akademi Persija Jakarta itu memborong lima gol dan menjadi kunci bagi keberhasilan Garuda Muda mengalahkan Vietnam.

Keran gol Zahaby pada Piala AFF U-16 2024 diawali dari penalti ke gawang Laos pada fase gugur. Setelah itu, dia dua kali mencetak brace di fase gugur, yakni saat melawan Australia di semifinal dan perebutan tempat ketiga melawan Vietnam. Torehan ini membuat Zahaby Gholy jadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia U-16 di turnamen kali ini, dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala AFF U-16 2024.

Predikat ini sekaligus melambungkan nama pentas sepak bola nasional. Setelah torehan gemilang ini, Zahaby langsung fokus menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024 mendatang.

Lalu siapa Zahaby Gholy?
Pemain dengan nama lengkap Muhamad Zahaby Gholy ini lahir pada 5 Desember 2008. Dia merupakan warga Bekasi. Sebelum memperkuat timnas Indonesia U-16, Zhahaby menimba ilmu di sejumlah sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Indonesia, mulai dari Garuda Putra, Serpong Jaya, hingga RMD Batavia.

Bakat Zahaby akhirnya tercium oleh Persija Jakarta. Dia lalu menjalani seleksi di tim Persija Jakarta U-15 dan lolos. Dia kemudian membawa Macan Kemayoran muda ke babak delapan besar Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16. Langkah Persija terhenti di semifinal usai kalah adu penalti kontra Borneo FC.

Biodata
Nama lengkap: Muhamad Zahaby Gholy

Halaman
x|close