Hasil Copa America 2024: Sempat Imbang, Argentina Sikat Ekuador Lewat Adu Penalti

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jul 2024, 08:52
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Argentina VS Ekuador Argentina VS Ekuador (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Argentina menghadapi Timnas Ekuador pada babak 8 Besar Copa America 2024, yang berlangsung pada Jumat, 5 Juli 2024 di Stadion NRG. Argentina bermain imbang 1-1 dengan Ekuador sebelum akhirnya meraih kemenangan melalui adu penalti.

Ekuador memulai pertandingan dengan baik. Pada menit ke-15, mereka mendapat peluang melalui serangan balik yang diakhiri dengan tendangan Jeremy Sarmiento yang bisa dimentahkan oleh Emi Martinez. Usaha Kendry Paez setelahnya melebar.

Pertandingan berlangsung dengan intensitas tinggi. Pada menit ke-30, Enner Valencia mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran terhadap Alexis Mac Allister.

Argentina berhasil membuka keunggulan pada menit ke-35. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Lionel Messi, Mac Allister menyundul bola ke arah belakang. Lisandro Martinez mencetak gol untuk membawa Argentina unggul 1-0. 

Babak pertama tidak banyak mencatat peluang berbahaya. Masing-masing tim hanya berhasil mencatat satu tembakan yang mengarah tepat ke gawang. 

Ulasan Pertandingan

Argentina VS Ekuador Argentina VS Ekuador  

Argentina menghadapi momen peluang pada menit ke-55. Emi Martinez melepaskan umpan jauh yang disambut Lautaro Martinez dengan kontrol bola dan tendangan melengkungnya, namun tidak mengarah ke gawang.

Pada menit ke-62, Argentina diberi penalti setelah tangan Rodrigo De Paul memblok bola. Enner Valencia sebagai eksekutor penalti, namun usahanya mengenai tiang gawang sehingga tidak menjadi gol.

Ekuador terus menekan Argentina. Beberapa pemain serang diperkenalkan, termasuk John Yeboah yang menggantikan Valencia. Sementara itu, Argentina melakukan pergantian di lini belakang dengan memasukkan Otamendi. 

Skor 1-0 untuk Argentina tampaknya akan bertahan hingga akhir laga. Namun, pada menit 90+1, Kevin Rodriguez menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. 

Adu Penalti

Lionel Messi menjadi eksekutor pertama untuk Argentina. Messi memilih untuk melakukan tendangan panenka, tetapi sepakannya mengenai mistar gawang dan tidak berhasil mencetak gol. Sementara itu, Angel Mena, penendang pertama untuk Ekuador, juga tidak berhasil mencetak gol.

Emi Martinez menjadi pahlawan bagi Argentina dalam adu penalti. Kiper tersebut berhasil menghalau dua penalti dari tim lawan. Akhirnya, Argentina keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 dalam adu penalti.

Susunan Pemain 

Argentina (4-3-3): Emi Martinez; Molina, Romero, Lisandro Martinez, Tagliafico; De Paul, Mac Allister, Fernandez; Messi, Lautaro Martinez, Nico Gonzalez.

Pelatih: Lionel Scaloni. 

Ekuador (4-2-3-1): Dominguez; Felix Torres, Preciado, Pacho, Hincapie; Franco, Moises Caicedo; Gruezo, Kendry Paez, Jeremy Sarmiento; Enner Valencia.

Pelatih: Felix Sanchez.

x|close