Hasil Euro 2024: Prancis Jegal Portugal ke Semifinal Lewat Adu Penalti

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jul 2024, 08:52
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Prancis vs Portugal Prancis vs Portugal (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Prancis berhasil maju ke semifinal Euro 2024 setelah mengalahkan Portugal melalui adu penalti dengan skor 0-0 (3-5) dalam pertandingan perempat final yang diadakan di Volksparkstadion, Hamburg pada Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari WIB.

Pertandingan ini berlangsung ketat. Baik Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo maupun Prancis dengan Kylian Mbappe sama-sama gagal mencetak gol dalam waktu normal dan tambahan waktu selama 120 menit. 

Prancis akhirnya keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Portugal dalam adu penalti. Keberhasilan ini didapat setelah Joao Felix gagal menjalankan tugasnya dengan baik, yang menyebabkan Portugal kalah. 

Ulasan Pertandingan

Prancis berhasil maju ke semifinal Euro 2024 setelah mengalahkan Portugal melalui adu penalti dengan skor 0-0 (3-5) dalam pertandingan perempat final yang digelar di Volksparkstadion, Hamburg pada Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari WIB. 

Pertandingan ini berlangsung sengit, di mana baik Cristiano Ronaldo dari Portugal maupun Kylian Mbappe dari Prancis gagal mencetak gol sepanjang 120 menit termasuk waktu tambahan.

Prancis keluar sebagai pemenang setelah mengungguli Portugal dalam adu penalti. Joao Felix dari Portugal gagal mengeksekusi penaltinya dengan baik, yang menyebabkan kekalahan timnya.

Dengan hasil ini, Prancis berhak melaju ke semifinal untuk menghadapi Spanyol, yang sebelumnya mengalahkan Jerman. Pertandingan antara Spanyol dan Prancis dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 10 Juli 2024 dini hari WIB mendatang. 

Sengitnya Adu Penalti

Prancis vs Portugal <b>(Istimewa)</b> Prancis vs Portugal (Istimewa)

Cristiano Ronaldo dan Rafael Leao memiliki peluang besar untuk mencetak gol di babak pertama extra time. Namun, keduanya tidak berhasil memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka kebuntuan.

Kylian Mbappe mengalami cedera hidung yang telah patah sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan di paruh kedua extra time. Meskipun demikian, tidak ada gol yang tercipta hingga masa extra time berakhir. 

Keputusan pemenang akhirnya dibuat melalui adu penalti, di mana tendangan dari Joao Felix mengenai tiang gawang dan tidak menghasilkan gol. Prancis akhirnya memenangkan adu penalti dengan skor 5-3. 

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo (Nelson Semedo 74'), Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes; Bruno Fernandes (Francisco Conceicao 74'), Joao Palhinha (Ruben Neves 90+2'), Vitinha; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao (Joao Felix 106').

Pelatih: Roberto Martinez. 

Prancis: Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, N'Golo Kante, Eduardo Camavinga (Youssouf Fofana 91'); Randal Kolo Muani (Marcus Thuram 86'), Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 67'), Kylian Mbappe (Bradley Barcola 106').

Pelatih: Didier Deschamps.

x|close