Hasil Euro 2024: Inggris Tantang Belanda di Semifinal

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jul 2024, 04:40
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Belanda lolos ke semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Turki 2-1, Minggu (7/7/2324). Belanda lolos ke semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Turki 2-1, Minggu (7/7/2324). (Akun X KNVB)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Belanda melengkapi peserta babak semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Turki dengan skor 2-1 di Olympiastadion, Jerman, Minggu (7/7/2024). 

Dalam laga ini, Turki sempat memimpin lewat gol Samet Akaydin (35'). Namun Belanda berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-70 melalui gol yang dicetak oleh Stefan de Vrij (70'). 

Hanya enam menit berselang, Belanda berbalik unggul 2-1 lewat gol bunuh diri Mert Muldur. Skor ini bertahan hingga laga usai sekaligus mengantar Tim Oranye ke babak semifinal Euro 2024

Sementara itu pada pertandingan sebelumnya, Inggris juga berhasil melaju ke babak empat besar usai mengalahkan Swiss 5-3 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga 120 menit. Bertanding di Merkur Spier Arena, Swiss sempat memimpin lewat Breel Embolo pada menit ke-75 sebelum akhirnya berhasil disamakan oleh Inggris menjadi 1-1 melalui Bukayo Saka menit 80'. 

Pada babak semifinal, Inggris akan bertemu Belanda di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024). Sementara sehari sebelumnya, giliran Spanyol yang akan bersua Prancis di Allianz Arena. 

Jalannya pertandingan Belanda vs Turki

Memphis Depay mengawali tekanan pertama Belanda ke gawang Turki lewat tusukannya ke dalam kotak penalti Turki. Sayang, tembakannya meleset akibat terpeleset sata menendang bola. 

Belanda berusaha mendominasi jalannya laga. Namun, pertahanan berlapis yang diterapkan Turki dengan mengerahkan lima bek sekaligus membuat Tim Oranye kesulitan menjebol lawan. 

Saat Belanda keasikan menyerang, Turki justru mencuri gol pada menit ke-35 lewat sundulan Samet Akaydin menyambut umpan silang Arda Guler. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua, pelatih Belanda Ronald Koeman membuat pergantian cepat dengan menarik Steven Bergwijn dan memasukkan Wout Weghorst untuk menemani Depay di lini depan. 

Meski demikian, upaya Belanda baru berhasil pada menit ke-70 ketika Stefan de Vrij yang secara bebas menanduk bola masuk ke gawang Turki memanfaatkan umpan Depay. Skor berubah 1-1.

Oranye bermain semakin percaya diri dan enam menit kemudian, melalui tempo serangan cepat, Cody Gakpo memaksa bek tengah Turki Mert Muldur menyarangkan gol bunuh diri setelah menyelesaikan umpan datar Denzel Dumfries. Belanda pun berbalik unggul 2-1 atas Turki.

Turki berusaha mengejar, tapi tidak berhasil. Bahkan pada menit ke-90+6, Turki harus kehilangan Bertug Ozgur usai diganjar kartu merah oleh wasit. Belanda pun menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain Belanda vs Turki:

Belanda: Bart Verbruggen, Denzel Dumfries, Dtefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders, Steven Bergwijn, Xavi Simons, Cody Gakpo, Memphis Depay
Pelatih: Ronald Koeman

Turki: Mart Gunok, Mert Muldur, Kaan Ayhan, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Arda Guler, Salih Ozcan, Hakan Calhanoglu, Kenan Yildiz, Baris Yilmaz
Pelatih: Vincenzo Montella.

Jalannya pertandingan Inggris vs Swiss

Bukayo Saka membawa Inggris lolos ke semifinal Euro 2024. <b>(Akun X England National Tream)</b> Bukayo Saka membawa Inggris lolos ke semifinal Euro 2024. (Akun X England National Tream)

Inggris juga tampil dominan atas Swiss di sepanjang babak pertama. Namun Three Lions kerap kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan yang tampil sangat disiplin. Serangan yang dibangun Inggris dari sisi sayap dan lini tengah selalu dapat dipatahkan timnas Swiss.

Skuad asuhan Gareth Southgate juga sudah berusaha melepas tembakan-tembakan dari luar kotak penalti. Namun hasilnya juga nihil dan skor berakhir 0-0 sepanjang baabk pertama.

Pada babak kedua, Inggris kembali mengambil inisiatif menyerang, namun tak menciptakan peluang membahayakan.

Pada menit ke-75, Swiss justru memecah kebuntuan setelah umpan Dan Ndoye yang terkena John Stones dikonversi menjadi gol oleh Embolo sehingga kedudukan 1-0 untuk Swiss.

Lima menit kemudian Inggris menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangan terukur Bukayo Saka membobol gawang Swiss yang dijaga oleh Yann Sommer.

Di babak extra time, kedua tim juga gagal menambah gol hingga duel dilanjutkan melalui adu penalti. Dalam babak tostosan ini, Belandang berhasil menang denan skor 5-3.

x|close