Spanyol ke Final Euro 2024, Lamine Yamal Pecahkan Rekor Pele Sebagai Pencetak Gol Termuda

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Jul 2024, 07:15
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Lamine Yamal (kiri) jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro Lamine Yamal (kiri) jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro (Instagram Lamine Yamal)

Ntvnews.id, Jakarta - Spanyol berhasil melaju ke babak final Euro 2024 usai mengalahkan Prancis 2-1 di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (10/7/2024). Duel ini juga mengantar pemainnya, Lamine Yamal sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. 

Yamal mencetak gol pertama bagi Spanyol pada menit ke-21 sekaligus menyamakan kedudukan setelah Prancis unggul lebih dulu lewat Kolo Muani pada menit ke-8. Sementara satu gol La Furia Roja lainnya dicetak oleh Dani Olmo pada menit ke-25 sekaligus mengantar Spanyol ke final. 

Lamin Yamal mencetak gol spektakuler melalui tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kanan atas gawang, yang gagal dihalau oleh kiper Prancis, Maignan.

Yamal yang berusia 16 tahun 362 hari menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Euro. Pemain Barcelona itu juga berhasil memecahkan rekor Pele saat mencetak gol ke gawang timnas Wales pada Piala Dunia 1958. Saat itu, legenda sepak bola Brasil itu berusia 17 tahun 239 hari.  

Kemenangan atas Prancis juga mengantar Spanyol ke final Piala Eropa untuk kelima kali setelah 1964, 1984, 2008, dan 2012. Tiga di antaranya berhasil dimenangkan oleh Les Bleus.

Spanyol selanjutnya tinggal menunggu pemenang laga semifinal laina antara Inggris dan Belanda yang digelar di Signal Iduna-Park pada Kamis dini hari esok pukul 02.00 WIB.

Siapa Lamine Yamal?

Lamine Yamal Nasraoui Ebana lahir 13 Juli 2007. Dia saat ini memperkuat Barcelona.

Halaman
x|close