30 Atlet dari IKN Dipersiapkan untuk Tampil di PON Aceh dan Sumut

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Jul 2024, 15:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
PB PON saat meninjau sejumlah venue PON Aceh dan SUMUT PB PON saat meninjau sejumlah venue PON Aceh dan SUMUT (KONI)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebanyak 30 atlet dari Kota Nusantara (IKN), ibu kota negara Indonesia yang baru dipersiapkan untuk ikut serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XII di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Mereka rencananya akan turun di delapan cabang olahraga (Cabor). 

"Kami sudah siapkan 30 atlet untuk ikut serta PON di Aceh dan Sumut," jelas Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin di Kota Balikpapan, seperti dilansir dari Antaranews.com, Rabu (10/7/2024).  

"Atlet-atlet sudah melakukan pemusatan latihan di berbagai tempat," tambahnya.

Baca juga: Lamine Yamal Balas Sindiran Adrien Rabiot Usai Pulangkan Prancis di Euro 2024

Ibu Kota Nusantara, lanjut dia, telah melakukan seleksi atlet yang akan dikirim ke PON menyusul kuota sebanyak 30 atlet untuk Kota Nusantara. Atlet-atlet IKN itu akan turun dalam delapan cabang olahraga seperti jujitsu, para layang, renang, panahan, senam gimnastik dan lainnya.

Alimuddin yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Penajam Paser Utara optimistis bisa meraih medali dalam PON Aceh dan Sumut.

"Kami tidak memiliki target, tapi kami rasa mereka bisa raih medali," tuturnya.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan MasyarakatOIKN Alimuddin (ANTARA) <b>(Antaranews)</b> Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan MasyarakatOIKN Alimuddin (ANTARA) (Antaranews)

Alimuddin mengatakan atlet tim PON Kota Nusantara sudah berpengalaman dan pernah berprestasi untuk Provinsi Kalimantan Timur.

"Mereka meraih tiga medali emas dan satu perak, termasuk di cabang layar yang tidak diikuti Kontingen Kaltim. Atlet kami cukup bagus untuk cabang layar dan dapat enam medali emas dalam kejuaraan nasional sebelumnya. Jadi, saya optimis dapat medali," jelas Alimuddin.

Kendati optimis, Ali mengaku target utama 30 atlet itu adalah membawa nama Kontingen IKN untuk pertama kalinya dalam pesta olahraga multi-cabang olahraga nasional itu. 

"Tujuan mereka adalah menunjukkan Kota Nusantara siap untuk berdampingan dengan 38 provinsi lain di Indonesia," katanya.

PON XXI dijadwalkan berlangsung dari 8 hingga 20 September 2024 dengan Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah. Sebanyak 28 cabang olahraga akan dipertandingkan pada ajang ini. 

Halaman
x|close