Mainkan Lamine Yamal Lawan Inggris di Final Euro 2024, Spanyol Diizinkan Tabrak Aturan di Jerman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jul 2024, 15:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Lamine Yamal jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro Lamine Yamal jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro (Instagram Lamine Yamal)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Lamine Yamal tengah melambung. Pemain muda Spanyol itu membius publik sepak bola lewat penampilan gemilangnya di ajang Euro 2024 Jerman. 

Baru-baru ini, Yamal menunjukkan kehebatannya saat Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 di babak semifinal, Rabu (10/7/2024). Tendangan jarak jauh pemain Barcelona itu berhasil merobek jala Les Bleus pada menit ke-21 sekaligus membalas gol pemnuka Randal Kolo Muani di menit ke-9.

Baca juga: Komentar Dingin Ayah Lamine Yamal soal Foto Anaknya Dimandikan Lionel Messi

Torehan itu tidak hanya membantu Prancis melaju ke final Euro 2024. Gol itu juga mengantar Yamal yang saat itu baru berumur 16 tahun 362 hari tercatat sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. Dia bahkan mampu melewati rekor legenda sepak bola dunia Pele (17 tahun 239 hari) saat mencetak gol ke gawang Wales pada Piala Dunia 1958.

Lamine Yamal (kiri) jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro <b>(Instagram Lamine Yamal)</b> Lamine Yamal (kiri) jadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro (Instagram Lamine Yamal)

Di babak final, Spanyol akan bertemu Inggris yang berhasil menang dramatis 2-1 atas Belanda sehari kemudian. Partai puncak akan digelar di Olympiastadion, Berlin, 15 Juli mendatang.

Menariknya, Lamine Yamal seharusnya tidak bisa tampil melawan Inggris. Sebab pertarungan tersebut bisa berakhir hingga 11pm (CET/Central European Time). Di Jerman, ada aturan yang melarang siapapun yang berusia di bawah 18 tahun bekerja lewat dari pukul 8pm.

Beruntung bagi Spanyol, menurut laporan Cadena Cope, aturan ini tidak berlaku untuk atlet. Pesepak bola masih diizinkan untuk bermain hingga pukul 11 pm. Namun batas waktu ini tidak tidak hanya berlaku hingga peluit panjang berbunyi, tapi termasuk juga saat pemain menjalankan tugas usai pertandingan seperti mandi di kamar ganti dan berbicara kepada media.

Sebelum turnamen bergulir, FA Spanyol sebenarnya sudah sempat diberi tahu kalau mereka bisa dikenai denda sebesar €30.000 (£25.000) bila melanggar aturan tersebut. Hanya saja, hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi karena Yamal--yang berusia 17 tahun pada Minggu (15/7) sudah beberapa kali tampil pada pertandingan yang dimulai pada pukul pukul 9 malam. 

Halaman
x|close