Daftar Aturan Teknis Baru MotoGP 2027: Mesin Makin Kecil, Aerodinamika Dibatasi

NTVNews - 7 Mei 2024, 16:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Regulasi teknis MotoGP 2027, mesin motor bakal dikecilin. (MotoGP) Regulasi teknis MotoGP 2027, mesin motor bakal dikecilin. (MotoGP) (MotoGP)

Ntvnews.id, Jakarta - MotGP bakal menerapkan aturan baru terhadap sepeda motor yang akan digunakan mulai 2027 mendatang. Sejumlah perubahan pun dilakukan demi menghadirkan balapan yang lebih menarik dan spektakuler tanpa melupakan keselamatan para pembalap. 

Seperti dilansir dari Crash.net, banyak aturan yang akan disesuikan. Namun yang paling menyita perhatian tentu saja terkait kecepatan kuda besi yang boleh digunakan mulai 2027 nanti. 

Nah sesuai aturan baru, mesin motor MotoGP bakal dikurangi dari 1000 cc menjadi 850cc. Regulasi ini tentunya akan memangkas top speed tapi mampu meningkatkan daya tempuh. Selain itu, pengurangan tenaga mesin juga bakal membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Lubang silinder maksimum mesin juga akan berkurang dari 81 menjadi 75 milimeter, yang tentu saja akan memangkas performa. Hal ini membuat mesin lebih relevan di jalan raya sekaligus memastikan mesin tetap mempertahankan karakteristik yang membuat MotoGP tetap spektakuler.

Yang tak kalah menarik, tentu saja regulasi terkait aerodinamika. Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.

Lebar bagian atas fairing depan akan dipangkas 50mm dan moncong motor akan didorong ke belakang 50mm, sehingga mengurangi efek aero di area yang penting saat lintasan lurus dan area pengereman. Hal ini akan menciptakan balapan yang lebih ketat dan lebih banyak aksi overtake.

Di bagian belakang, aero di belakang pembalap akan jadi bagian yang dihomologasi mulai tahun 2027. Tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.

Dan untuk membuat kejuaraan semakin efisien, jumlah maksimal mesin yang diperkenankan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga berkurang dari tujuh menjadi enam.

Halaman
x|close