Menanti Duel Yamal vs Messi, Kapan Jadwal Finalissima 2025?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Jul 2024, 15:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Lamine Yamal cetak satu gol saat Spanyol kalahkan Prancis 2-1 di semifinal Euro 2024 Lamine Yamal cetak satu gol saat Spanyol kalahkan Prancis 2-1 di semifinal Euro 2024 (Instagram Lamine Yamal)

Ntvnews.id, Jakarta - Lamine Yamal, pemain muda Spanyol pernah berkata ingin bertemu Lionel Messi di ajang Finalissima. Kini mimpi itu jadi kenyataan, tapi kapan pastinya duel ini digelar?

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Yamal secara terbuka menyampaikan keinginannya bertemu Messi di lapangan."Saya berharap Messi memenangkan Copa America dan saya memenangkan EURO 2024 sehingga saya bisa bermain melawan dia di Finalissima,” katanya.

Impian Yamal jadi kenaytaan. Spanyol berhasil keluar sebagai juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris 2-1, sementara Argentina keluar sebagai pemenang Copa America 2024 lewat kemenangan 1-0 melawan Kolombia. Keduanya pun berhak tampil di ajang Finalissima 2025. 

Pertemuan Yamal dan Messi pada pertandingan ini tentu sangat ditunggu. Pasalnya, duel itu akan menghadirkan pertarungan legenda hidup sepak bola dan bintang yang baru saja naik daun. Ya, pertemuan antara Messi, yang telah mengukir namanya dalam sejarah sepakbola, dan Yamal, yang berpotensi mengikuti jejaknya, bukan tidak mungkin jadi pertarungan yang bersejarah.

Lalu apa itu Finalissima?
Finalissima adalah pertandingan sepak bola antarbenua yang diselenggarakan oleh CONMEBOL dan UEFA. Ini mempertemukan pemenang Copa America melawan juara Piala Eropa UEFA.

Kompetisi ini memiliki sejarah yang menarik, hanya diadakan dua kali sebelum dihentikan. Finalissima pertama digelar pada 1985 dan sekali lagi pada tahun 1993.

Lionel Messi saat memandikan Yamal pada tahun 2007 lalu <b>(Akun X Euro Foot)</b> Lionel Messi saat memandikan Yamal pada tahun 2007 lalu (Akun X Euro Foot)

Setelah jeda yang lama, acara ini baru dihidupkan kembali pada tahun 2022.

Edisi 2022 menampilkan juara UEFA Euro 2020, Italia, berhadapan dengan pemenang Copa America 2021, Argentina. Pertarungan berlangsung di Stadion Wembley di London, 1 Juni 2022. Argentina menang 3-0 sekaligus mengamankan gelar Finalissima kedua mereka.

Halaman
x|close