LeBron James Bakal Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Olimpiade Paris 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Jul 2024, 15:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
LeBron James terpilih jadi pembawa bendera kontingen AS di Olimpiade Paris 2024 LeBron James terpilih jadi pembawa bendera kontingen AS di Olimpiade Paris 2024 (NBA)

Ntvnews.id, Jakarta - Pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA, LeBron James ditunjuk sebagai pembawa bendera putra untuk kontingen Amerika Serikat pada pemubukaan Olimpiade Paris 2024. LeBron mendapat kehormatan ini setelah mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan yang dilakukan atlet-atlet AS. 

Komite Olimpiade dan Paralimipade Amerika Serikat (USOPC) menyampaikan kabar ini, pada Senin (22/7/2024) waktu setempat. Sementara pembawa bendera putri untuk kontingen AS ditentukan Selasa (23/7). 

Sebagai pembawa bendera, LeBron bakal memimpin devile kontingen AS pada malam pembukaan Olimpiade 2024 di di sungai Seine, Jumat (26/7/2024). "Sungguh kehormatan besar bisa mewakili Amerika Serikat di panggung global ini, terutama dalam momen yang dapat menyatukan seluruh dunia," kata LeBron James seperti dikutip dari IOC.

"Bagi seorang anak dari Akron, tanggung jawab ini sangat besa, bukan hanya bagi diri saya sendiri, tetapi juga bagi keluarga saya, semua anak di kota asal saya, rekan-rekan setim, sesama atlet Olimpiade, dan begitu banyak orang di seluruh negeri yang memiliki aspirasi besar."

"Olahraga memiliki kekuatan yang menyatukan kita semua, dan saya bangga menjadi bagian dari momen penting ini," kata James.

Lebron menjadi atlet basket putra pertama yang dipercaya membawa bendera Amerika Serikat di pembukaan Olimpiade. Sejak Olimpiade 2020 di Tokyo, IOC mengizinkan setiap negara memilih dua orang sebagai pembawa bendera di upacara pembukaan, satu wanita dan satu laki-laki. Saat itu AS menunjuk Eddie Alvarez dan Sue Bird.

LeBron menjadi atlete bola basket ketiga sebagai pembawa bendera Amerika Serikat setelah Bird dan Dawn Staley. Namun kedua pendahulunya itu adalah atlet basket putri.

Pemilihan LeBron sebagai atlet pria pembawa bendera Amerika ini berdasarkan voting yang dilakukan Komisi Atlet terhadap 592 atlet yang mewakili negeri Paman Sam di Olimpiade 2024. Untuk atlet wanita baru akan diumumkan hari ini.

Halaman
x|close