Jersey Langka Diego Maradona Bakal Dilelang di New York

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Jul 2024, 16:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Diego Maradona meninggal dunia pada November 2020 lalu. Diego Maradona meninggal dunia pada November 2020 lalu. (Instagram Diego Maradona)

Ntvnews.id, Jakarta - Kolektor jersey sebaiknya mempersiapkan diri. Salah satu kostum langka bekas Diego Maradona akan dilelang di Sotheby, New York, Amerika Serikat, 22 Agustus 2024.

Namun jangan kaget. Harganya bakal selangit. Sebab yang dilelang adalah jersey yang digunakan oleh Maradona saat Argentina mengalahkan Belgia pada semifinal Piala Dunia 1986 di Meksiko. 

Saat itu, Maradona menukar kostumnya dengan sarung tangan kiper Belgia, Jean-Marie Pfaff. Pfaf terus menyimpannya sebagai kenang-kenangan dan saat keduanya kembali bertemu pada tahun 2016 lalu, Maradona pun menuliskan pesan khusus untuknya pada kostum tersebut.

Baca juga: Wow, Putri Diego Maradona Mengaku Bisa Bicara dengan Mendiang Ayahnya

"Untuk Jean Marie yang baik, dengan segenap cintaku," tulis Maradona untuk Pfaff. 

Pada Piala Dunia 1986, Maradona sukses membawa Argentina keluar sebagai juara. Saat babak final di Estadio Azteca, Albiceleste berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor tipis 3-2.

Sejak tahun 2023, Pfaff telah memamerkan jersey langka itu di museum miliknya, El Sympatico Museum' miliknya di kota Beveren (Belgia). Dan sebelum lelang online digelar pada hari Senin, kolektor bisa melihat penampakannya di kantor Sotheby di New York, pada 26-30 Juli 2024. 

"Saya menghargai seragam ini selama hampir empat dekade, sejak Diego dan saya bertukar, banyak hal setelah semifinal yang tak terlupakan itu. Bersaing melawan salah satu pemain sepak bola terhebat adalah suatu kehormatan, namun menyebutnya sebagai teman adalah hal yang lebih istimewa,” kata pemain Belgia itu dalam pernyataannya resminya dilansir Sotheby. 

Halaman
x|close