Pejudo Putri Maryam March Maharani Jadi Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Jul 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Maryam March Maharani jadi pembawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade Paris 2024 Maryam March Maharani jadi pembawa bendera Indonesia di pembukaan Olimpiade Paris 2024 (NOC)

Ntvnews.id, Jakarta - Atlet judo putri Indonesia, Maryam March Maharani akhirnya terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih pada saat pembukaan Olimpiade Paris 2024. Acara ini akan berlangsung di tepi Sungai Seine, Paris, Prancis pada 26 Juli mendatang.

Penunjukkan Maharani Maharani bukan sekedar simbol kebanggaan nasional semata, tetapi sekaligus sebagai cerminan kebangkitan cabang olahraga judo Indonesia.

Maklum, judo Indonesia sudah tidak pernah lagi tampil di Olimpiade sejak tahun 2012 lalu.  Seperti diketahui, pada Olimpiade Paris 2024, Maryam yang akan tampil di kelas 52 kg putri lolos melalui melalui kualifikasi kuota kontinental Asia. Sebelumnya, Maryam menjaga asa menuju Paris setelah berhasil meraih medali perunggu di kelasnya pada Warsaw European Open 2024.

Baca juga: LeBron James Bakal Jadi Pembawa Bendera Kontingen AS di Olimpiade Paris 2024

"Dipilihnya Rani bukan tanpa sebab. Rani ini perempuan tangguh yang kembali lagi hadir setelah Indonesia puasa cukup lama di Olimpiade cabang olahraga judo," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dalam usai doa bersama tim Indonesia di Paris, Prancis, Selasa waktu setempat seperti dilansir dair Antaranews.com.

"Jadi Indonesia itu sudah lama sekali absen di cabang olahraga judo di Olimpiade, terakhir tahun 2012, sekarang kita bisa tampil lagi di Olimpiade Paris," kata Okto menambahkan. 

Maharani merasa bersyukur atas kesempatan yang didapatnya dan berharap bisa terus membanggakan Indonesia dengan menyumbang medali.

"Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk menjadi flag bearer, semoga bisa terus membanggakan untuk Indonesia, semoga bisa memberikan hasil yang terbaik. Semoga bisa menjadi contoh yang baik dan menginspirasi," ujar Maharani.

Menutup pernyataannya, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia untuk para atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris.

"Dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia sangat diperlukan untuk membantu kita mengetuk pintu langit sehingga bisa memberikan kekuatan dan kesehatan kepada para atlet kita."

Berikut adalah daftar para pembawa bendera Indonesia di Olimpiade:

2024: Maryam March Maharani (Judo)
2020: Rio Waida (Surfing)
2016: Maria Natalia Londa (Atletik)
2012: I Gede Siman Sudartawa (Renang)
2008: Oka Sulaksana (Layar)
2004: Christian Hadinata (pelatih bulu tangkis)
2000: Rexy Mainaky (Badminton)
1996: Hendrik Simangunsong (tinju)
1992: Christian Hadinata (Pelatih)
1988: Tonny Maringgi (Tenis meja)
1984: Lukman Niode (Renang)
1976: Syamsul Anwar Harahap (Tinju)
1972: Wiem Gommies (Tinju)
1952: Habib Suharko (renang)  

Halaman
x|close