Ducurigai Jadi Bagian Jaringan Rahasia Rusia untuk Kacaukan Olimpiade Paris 2024, Koki di Prancis Ditangkap

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Jul 2024, 18:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Olimpiade Paris 2024 bakal berlangsung mulai 26 Juli 2024 Olimpiade Paris 2024 bakal berlangsung mulai 26 Juli 2024 (Situs resmi Olimpiade Paris 2024)

Ntvnews.id, Jakarta - Seorang koki asal Rusia ditangkap di Prancis. Dia diduga menjadi bagian dari persekongkolan jahat dengan pihak lain untuk mengganggu jalannya Olimpiade Paris 2024

Pihak berwenang belum merilis nama pria berusia 40 tahun itu. Namun seperti dilansir dari Guardian, pria yang sudah 14 tahun menetap di Prancis tersebut ditangkap di apartemennya yang terletak di pusat kota Paris, Minggu waktu setempat. Dalam penggerebekan itu, ditemukan juga sebuah dokumen yang terkait dengan pasukan khusus Rusia, yakni FSB penerus KGB. 

Baca juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Investigasi yudisial yang sudah dilakukan telah menemukan bukti awal adanya persekongkolan dengan kekuatan asing untuk melakukan provokasi permusuhan di Prancis meski tidak terkait teror. Di Prancis, kejahatan seperti ini berpotensi mendapat hukuman hingga 30 tahun pernjara. 

Pria tersebut telah dijebloskan ke tahanan. Sementara acara pembukaan pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang megah akan diadakan di tepi Sungai Seine pada Jumat malam (26/7/2024).

Baca juga: Kronologi Kericuhan Duel Argentina vs Maroko di Olimpiade Paris 2024

Gerald Darmanin, menteri dalam negeri Prancis, mengatakan bahwa “warga Rusia lainnya” juga telah ditangkap dengan bukti upaya menyebarkan informasi bohong menjelang Olimpiade.

"Kami sangat yakin bahwa dia akan mengorganisir operasi destabilisasi, campur tangan, dan memata-matai,” kata Darmanin kepada televisi BFM.

Halaman
x|close