Prestasi Negara ASEAN di Olimpiade, Peringkat Indonesia Membanggakan!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Jul 2024, 05:00
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Sabtu (27/7), di Sungai Seine, Paris, Prancis. Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Sabtu (27/7), di Sungai Seine, Paris, Prancis.

Ntvnews.id, Jakarta - Negara-negara ASEAN tidak hanya berpartisipasi dalam Olimpiade, tetapi juga berhasil mencatatkan prestasi di ajang olahraga prestisius yang diikuti oleh lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Menjelang Olimpiade 2024 yang akan diselenggarakan di Paris dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, negara-negara Asia Tenggara telah mulai mengirimkan atlet terbaik mereka ke Prancis.

Saat ini, Thailand berada di posisi teratas dalam hal pencapaian Olimpiade di kawasan ASEAN dengan jumlah medali terbanyak.

Dalam setiap edisi Olimpiade yang diikutinya, Thailand telah meraih 10 medali emas, 8 medali perak, dan 17 medali perunggu, sehingga totalnya mencapai 35 medali. Thailand juga unggul dalam jumlah medali emas dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, termasuk Indonesia.

Baca Juga: 3 Negara Kantongi Tiket Perempat Final Cabor Sepak Bola Olimpiade Paris 2024

Indonesia berada di peringkat kedua dalam jumlah medali Olimpiade di kawasan ASEAN. Indonesia telah mengumpulkan total 8 medali emas, 14 medali perak, dan 15 medali perunggu, yang keseluruhannya mencapai 37 medali. Meskipun total jumlah medali Indonesia lebih banyak dari Thailand dengan selisih dua medali, peringkat ditentukan berdasarkan jumlah medali emas terbanyak, bukan total keseluruhan medali.

Sejak Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia telah berpartisipasi dalam 16 edisi Olimpiade, dengan seluruh medali emas yang diraihnya berasal dari cabang bulu tangkis.

Halaman
x|close