Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Babak Playoff Olimpiade 2024: Bola Itu Masih Bundar!

NTVNews - 9 Mei 2024, 08:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Skuad Timnas Indonesia U-23 Skuad Timnas Indonesia U-23 (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 hanya punya satu kesempatan lagi untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024. Namun sejarah yang ada di depan mata kini terlihat seperti fatamorgana. 

Bagaimana tidak. Garuda Muda yang gagah perkasa di Piala Asia U-23 2024 terancam loyo saat bertemu Guinea di INF Clairefontaine, Prancis pada babak playoff, Kamis (9/5/2024). 

Ada banyak masalah. Dari fisik hingga psikis. Saking rumitnya, pelatih Shin Tae-yong sampai bingung mau berbuat apa. "Di situasi ini tidak bisa apa-apa, saya bukan Tuhan dan mau tidak mau harus bersatu untuk menghadapi masalah ini dengan mental yang kuat," kata Shin Tae-yong.

STY sebenarnya punya kesempatan menelan sendiri masalah yang dihadapi timnya karena pihak penyelenggara babak playoff Olimpiade Paris 2024 memang tidak menggelar jumpa pers prematch. Namun pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap memilih terbuka kepada publik. 

Di hadapan wartawan melalui zoom meeting, STY pun blak-blakan tentang kondisi timnya. 

"Sebelum lawan Guinea, skuad kami kurang baik khususnya di lini belakang. Mungkin bisa dikatakan hampir runtuh lini belakang saat ini," ujar Shin Tae-yong menjelaskan. 

STY memang tidak bisa berharap banyak pada barisan pertahanannya. Rizky Ridho yang menjadi andalannya di Piala Asia U-23 2024 masih belum bisa tampil karena kartu merah di semifinal. 

Bek andalan timnas Indonesia, Alfreandra Dewangga bakal bergabung dengan skuad Garuda Muda di Paris, <b>(Dok PSSI)</b> Bek andalan timnas Indonesia, Alfreandra Dewangga bakal bergabung dengan skuad Garuda Muda di Paris, (Dok PSSI)

Nasib yang sama juga menimpa Justin Hubner. Pemain naturalisasi Belanda itu tidak pulang setelah meninggalkan Timnas Indonesia U-23 saat Piala Asia U-23 2024 rampung. Klubnya, Cerezo Osaka tidak memberi lampu hijau kepada Hubner untuk tampil di playoff Olimpiade 2024.

Halaman
x|close