Mobil Hybrid Melaporkan Insiden Kebakaran Paling Sedikit Dibandingkan Kendaraan Listrik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 18:18
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi. Sebuah kendaraan terbakar. (Foto: CarNewsChina) Ilustrasi. Sebuah kendaraan terbakar. (Foto: CarNewsChina)

Ntvnews.id, Jakarta - Statistik dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan (Korsel), menunjukkan mobil hybrid melaporkan insiden kebakaran paling sedikit selama lima tahun terakhir.

Hal ini akibat adanya kekhawatiran terkait mobil listrik bertenaga baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) yang meluas ke seluruh Korea menyusul kebakaran kendaraan listrik baru-baru ini.

Dilansir dari The Korea Herald, Selasa (20/8/2024), berdasarkan insiden kebakaran menurut jenis kendaraan dari dinas pemadam kebakaran, terdapat 131 kasus kebakaran pada kendaraan hybrid, yang menggunakan mesin pembakaran internal dan motor listrik. 

Mengingat jumlah keseluruhan mobil hybrid yang terdaftar mencapai 1,54 juta unit hingga akhir tahun lalu, kemungkinan terjadinya kebakaran pada kendaraan hybrid diperkirakan sebesar 0,002 persen.

Meskipun jumlah kendaraan hybrid telah meningkat tiga kali lipat sejak 2019 sebanyak 506.000 unit mobil, laporan insiden kebakaran tidak mengalami peningkatan yang dramatis, dengan hanya 23 kebakaran kendaraan hybrid pada 2019, 21 kasus pada 2021, dan 31 kasus pada 2023.

Kendaraan listrik mencatat kemungkinan kebakaran sebesar 0,013 persen selama periode yang sama. Jumlah kebakaran kendaraan listrik meningkat sesuai dengan meningkatnya volume pendaftaran kendaraan listrik. 

Baca Juga: Ini Empat Tips Aman Berkendara dengan Mobil Listrik di Segala Kondisi

Halaman
x|close