Penjualan Mobil Listrik Anjlok 25 persen, Model Hybrid Melonjak

NTVNews - 6 Apr 2024, 21:12
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Nissan mengajak pelanggan menyaksikan Nissan Intelligent Mobility di ajang pameran otomotif di GIIAS 2027. Nissan mengajak pelanggan menyaksikan Nissan Intelligent Mobility di ajang pameran otomotif di GIIAS 2027.

NTVNews.id - Penjualan mobil listrik merosot tetapi kendaraan hybrid justru melonjak selama periode Januari-Maret 2024. Hal itu berdasarkan laporan dari perusahaan riset pasar CarIsYou.

Melansir Yonhap, Sabtu (6/4/2024), data menyebutkan selama tiga bulan pertama tersebut, jumlah mobil listrik yang terjual di Korea Selatan (Korsel) hanya 25.550 unit.

Angka itu anjlok 25 persen dibandingkan total penjualan yang tercatat selama periode sama pada tahun lalu, yang mencapai 34.186 unit.

Kondisi ini seiring dengan melambatnya pertumbuhan penjualan kendaraan listrik global.

"Ini merupakan yang pertama kalinya penjualan mobil listrik turun di kuartal pertama dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya," demikian pernyataan CarIsYou.

Menariknya, di saat yang sama penjualan mobil hybrid, yang merupakan perpaduan mesin konvensional berbahan bakar bensin dengan motor listrik itu, justru melonjak hingga 46 persen.

Totalnya mencapai 99.832 unit, sementara di kuartal pertama 2023 sebanyak 68.249 unit.

"Para pelaku industri otomotif memperkirakan penjualan kendaraan listrik akan tetap lesu sepanjang 2024, karena tingginya harga mobil, kurangnya infrastruktur pengisian daya, dan potensi risiko kebakaran," sebut Yonhap.

x|close