Toyota Segera Produksi Baterai Solid-State

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Sep 2024, 14:10
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Seorang pria berjalan melewati logo Toyota di Tokyo Motor Show, di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2019. (Foto: Dok/Edgar Su/Reuters) Seorang pria berjalan melewati logo Toyota di Tokyo Motor Show, di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2019. (Foto: Dok/Edgar Su/Reuters)

Ntvnews.id, Jakarta - Kompetisi dalam mengembangkan baterai kendaraan listrik terbaik semakin memanas. Salah satu produsen mobil yang membuat kemajuan besar dalam persaingan tersebut yakni Toyota.

Melansir ArenaEV, Rabu (11/9/2024), raksasa otomotif Jepang itu telah memperoleh dukungan penuh dari pemerintah Jepang yang memberikan persetujuan untuk memulai produksi baterai solid-state.

Teknologi baterai tersebut diyakini bakal mengubah secara besar-besaran industri kendaraan listrik. Baterai solid-state bukan sekadar peningkatan yang kecil. Teknologi ini diharapkan dapat menghilangkan kekhawatiran soal jarak tempuh dan mengubah durasi pengisian daya.

Kendati produksi massal diperkirakan baru akan dimulai pada 2030, Toyota berencana untuk mulai melakukan uji coba baterai solid-state ini pada 2026. Untuk produksi awal kemungkinan bakal dibatasi, dan mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Pada tahap awal, baterai solid-state Toyota menjanjikan jarak tempuh hingga 999 km dan pengisian daya dari nol hingga penuh hanya dalam hitungan 10 menit, jauh lebih unggul daripada baterai lithium-ion yang ada saat ini.

Toyota juga menargetkan capaian lebih tinggi di masa depan, yang diharapkan baterai solid-state besutannya bakal mampu mencapai jarak tempuh hingga 1.207 km.

Baca Juga: Toyota Pangkas Sepertiga Produksi Kendaraan Listrik pada 2026

Halaman
x|close