LG Energy Solution Menangkan Kesepakatan Sebagai Pemasok Baterai Kendaraan Komersial Listrik Ford

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 12:08
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Pabrik LG Energy Solution di Polandia. (Foto: Istimewa/LG Energy Solution) Pabrik LG Energy Solution di Polandia. (Foto: Istimewa/LG Energy Solution)

Ntvnews.id, Jakarta - LG Energy Solution Ltd (LGES), pembuat baterai ternama asal Korea Selatan (Korsel), pada Selasa (15/10/2024) mengatakan, perusahaan telah menandatangani kontrak untuk memasok baterai kendaraan komersial listrik ke Ford Motor Co. 

Dalam dua kontrak terpisah, seperti dikutip dari Yonhap, Rabu (16/10/2024), LGES akan memasok baterai berkapasitas 34 GWh kepada pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS) tersebut mulai dari 2026 hingga 2030. Kemudian baterai berkapasitas 75 Gwh mulai dari 2027 hingga 2032.

LGES mengungkapkan pihaknya berencana memproduksi baterai yang telah dikontrakkan di pabriknya di Polandia mulai 2026.

"Kesepakatan dengan Ford menunjukkan teknologi canggih dan kualitas produk LG Energy Solution di pasar baterai kendaraan komersial listrik," kata Kepala Eksekutif LGES, Kim Dong-myung dalam pernyataannya.

Baca Juga: Produsen Baterai Korea Fokus Pasar Kendaraan Listrik Komersial Global

Kesepakatan tersebut diperkirakan bernilai sedikitnya 13 triliun won (US$9,5 miliar), mengingat harga pasar sel baterai tahun lalu.

Firma riset global LMC Automotive menyebutkan, pasar kendaraan listrik komersial di Eropa mengalami perkembangan pesat, dengan proyeksi jika setengah dari kendaraan komersial di kawasan tersebut bakal bertenaga baterai pada 2030.

LGES saat ini mengoperasikan tujuh pabrik sel baterai, masing-masing di Korea Selatan, Polandia, China, Indonesia, dan Amerika Serikat (AS).

x|close