Hyundai Kembangkan Desain Sistem Otomatis Cetakan Tekan Kendaraan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 13:46
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi. Logo Hyundai Motor. (Foto: Dok/Amit Dave/Reuters)  Ilustrasi. Logo Hyundai Motor. (Foto: Dok/Amit Dave/Reuters)

Ntvnews.id, Jakarta - Hyundai Motor Group sukses mengembangkan sistem otomatis pertama di dunia untuk merancang cetakan tekan kendaraan.

Melansir Yonhap, Kamis (17/10/2024), hal ini memungkinkan pengurangan drastis waktu yang diperlukan untuk membuat desain sekaligus meningkatkan kualitas produksi mobil.

Cetakan tekan merupakan alat yang digunakan untuk memproduksi komponen eksterior pada kendaraan, seperti bagasi dan kap mesin, dan setiap bagian memerlukan tiga hingga lima proses pengepresan, menggunakan cetakan berbeda yang digunakan untuk setiap tahapannya.

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan (Korsel) itu menyatakan, telah menstandardisasi dokumen teknis dan kondisi desain untuk desain cetakan dan mengintegrasikan proses desain yang sebelumnya tersebar ke dalam satu sistem.

Baca Juga: Hyundai Rayakan Produksi 100 Juta Unit Setelah 57 Tahun Berkiprah

Karyawan Hyundai Motor sedang memeriksa desain kendaraan melalui sistem desain cetakan tekan kendaraan otomatis yang baru dikembangkan oleh Hyundai Motor Group. (Foto: Hyundai via Yonhap) Karyawan Hyundai Motor sedang memeriksa desain kendaraan melalui sistem desain cetakan tekan kendaraan otomatis yang baru dikembangkan oleh Hyundai Motor Group. (Foto: Hyundai via Yonhap)

Sistem ini memungkinkan para desainer lebih mudah memasukkan nilai yang diperlukan langkah demi langkah ke dalam sistem, serta secara otomatis menghasilkan cetak biru desain optimal untuk cetakan tekan.

Hyundai mengungkapkan, waktu desain cetakan dapat dikurangi lebih dari 75 persen dengan ditemukannya teknologi otomatis untuk cetakan tekan kendaraan ini. 

Selain itu, teknologi ini juga bisa meminimalisir kesalahan desain, sehingga menghasilkna peningkatan kualitas di setiap produksi kendaraan.

Diketahui, Hyundai Motor dan Kia telah menerapkan sebagian sistem ini sejak 2020. Perusahaan baru saja menuntaskan pengembangan sistem yang dapat digunakan untuk desain cetakan di semua operasi pengepresan.

x|close