Empat Pria Ini Didakwa Curi 120 Mobil dan Sepeda Motor Mewah, Mulai BMW hingga Rolls-Royce

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Okt 2024, 15:34
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Empat pria diduga mencuri kendaraan mewah senilai jutaan dolar dari dealer di Massachusetts, New Hampshire, Connecticut, dan Pennsylvania, Amerika Serikat. (Foto: Carscoops) Empat pria diduga mencuri kendaraan mewah senilai jutaan dolar dari dealer di Massachusetts, New Hampshire, Connecticut, dan Pennsylvania, Amerika Serikat. (Foto: Carscoops)

Ntvnews.id, Jakarta - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) telah mendakwa empat pria asal Rhode Island. Mereka diduga mencuri kendaraan mewah senilai jutaan dolar dari dealer di Massachusetts, New Hampshire, Connecticut, dan Pennsylvania. 

Pencurian tersebut, yang menargetkan sejumlah merek paling mewah di pasaran, terjadi di beberapa negara bagian. Ini menunjukkan operasi pencurian mobil yang menggegerkan.

Melansir Carscoops, Sabtu (19/10/2024), berdasarkan dokumen pengadilan, empat pria tersebut, yakni Belter Giron (28 tahun), Alberto Rivera (24 tahun), Richard Robinson (32 tahun), dan Onix Eduardo (27 tahun) dituduh membobol lebih dari puluhan dealer mobil antara Februari hingga Juli 2023. 

Selama lima bulan aksi pencurian tersebut, mereka diduga membawa kabur sekitar 120 kendaraan, termasuk model dari merek premium seperti BMW, Porsche, Bentley, Rolls-Royce, Mercedes, dan Land Rover. Nilai total kendaraan yang dicuri diperkirakan mencapai US$5 juta (sekitar Rp77,3 miliar).

Selain tuduhan yang berkaitan dengan pencurian kendaraan, keempat pria tersebut menghadapi tuduhan konspirasi atas pengangkutan barang curian antarnegara bagian. 

Dokumen pengadilan lebih lanjut menyebutkan, selain mencuri mobil mewah, kelompok tersebut mencuri sembilan belas sepeda motor Husqvarna dari dealer di Pennsylvania dan mencuri sebelas sepeda motor trail dari dealer di Phillipston, Massachusetts. 

Baca Juga: Porsche Recall 27.527 Mobil Listrik Taycan, Ini Sebabnya

Wilayah operasi mereka melebihi pelaku pencurian biasa. Dimana hasil pencurian mereka berupa mobil eksotis hingga kendaraan off-road.

Pihak berwenang telah menganalisa komunikasi antara anggota kelompok tersebut dan mengungkap percakapan yang terkait dengan pencurian kendaraan dan upaya untuk menjual kendaraan curian tersebut. 

Polisi mengklaim Belter Giron menjadi perantara penjualan kendaraan curian kepada rekan-rekannya di dalam dan luar Rhode Island. Belter Giron maupun Richard Robinson terekam dalam video di jalan masuk sebuah rumah, saat menutupi Jeep Grand Cherokee Trackhawk yang dicuri sehari sebelumnya.

Polisi telah menemukan 41 kendaraan dan sebelas sepeda motor trail yang terkait dengan jaringan pencurian tersebut. Sebagian besar kendaraan ditemukan di Rhode Island dan Massachusetts. 

Sebuah Range Rover yang diduga dicuri oleh kelompok tersebut ditemukan dari sebuah kontainer pengiriman di New Jersey dan sedang dalam perjalanan menuju Afrika.

Hingga kini Alberto Rivera masih ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Orang Dewasa Rhode Island, sementara Belter Giron dan Onix Eduardo ditahan di tahanan federal. 

Namun, Richard Robinson telah dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu proses hukum lebih lanjut.

x|close