Ini Kecanggihan Pesawat Hercules yang Mengangkut Menteri ke Magelang

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Okt 2024, 11:17
Alber Laia
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Para menteri Kabinet Merah Putih (berkemeja putih dan topi biru) menaiki Pesawat Super Hercules untuk bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Para menteri Kabinet Merah Putih (berkemeja putih dan topi biru) menaiki Pesawat Super Hercules untuk bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Rombongan pejabat dari Kabinet Merah Putih bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis (24/10).

Dalam perjalanan tersebut, para Menteri menggunakan salah satu pesawat angkut terbaru, C-130J Super Hercules, yang merupakan bagian dari alutsista modern TNI AU.

Baca Juga: Tragis! Pengendara Motor Tewas Mengenaskan Dihantam Truk Kontainer

C-130J Super Hercules adalah pesawat angkut berat paling mutakhir yang dimiliki TNI AU.

Pesawat ini diperoleh ketika Presiden Prabowo Subianto masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Pesawat Hercules yang ditumpangi Paus Fransiskus <b>(IG @vaticannews)</b> Pesawat Hercules yang ditumpangi Paus Fransiskus (IG @vaticannews)

Dibandingkan dengan model Hercules biasa, Super Hercules dilengkapi berbagai teknologi canggih yang menjadikannya lebih unggul dalam hal performa dan kemampuan.

Menurut keterangan resmi dari Kementerian Pertahanan, Super Hercules memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 34,69 meter, tinggi 11,9 meter, dan lebar sayap 39,7 meter.

Kapasitas kargonya mampu menampung hingga 16,9 meter panjangnya, lebar 3,12 meter, dan tinggi 2,74 meter. Pesawat ini mampu mengangkut beban hingga 20 ton atau 20.000 kilogram.

Selain kapasitas angkut yang besar, Super Hercules juga dapat membawa 8 palet, 97 tandu, 128 personel tempur, atau 92 pasukan terjun payung.

Pesawat ini memiliki kecepatan maksimal 660 kilometer per jam dengan ketinggian jelajah hingga 6.706 meter.

Ditenagai oleh empat mesin turboprop Rolls-Royce AE 2100 D, pesawat ini mampu menghasilkan daya sebesar 4.700 tenaga kuda.

Baca Juga: Roy Suryo Sebut Foto Syur Diduga Mirip Abidzar Sudah Beredar di Komunitas Penyuka Sesama Jenis

C-130J Super Hercules juga dibekali dengan sejumlah peningkatan fitur dibandingkan versi sebelumnya. Beberapa di antaranya termasuk sistem perlindungan bahan bakar yang lebih baik, penanganan kargo yang lebih efisien, serta sistem flight station yang lebih canggih.

Selain itu, pesawat ini dilengkapi dengan sistem avionik digital yang terintegrasi penuh, tampilan head-up display, serta navigasi canggih yang melibatkan sistem navigasi inersia ganda dan GPS.

Dengan segala keunggulannya, C-130J Super Hercules menjadi salah satu andalan TNI AU dalam mendukung berbagai misi, termasuk mengangkut pejabat negara dalam perjalanan dinas yang penting. Pesawat ini tidak hanya tangguh dalam hal kapasitas angkut, tetapi juga sangat andal dalam operasi-operasi militer dan kemanusiaan.

x|close