Bengawan Tim UNS Solo Luncurkan Purwarupa Mobil Hemat Energi Nirankara 2.O, Bisa Tempuh Jarak 766 Km per Liter

NTVNews - 29 Mei 2024, 17:22
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah (Jateng), merilis kendaraan purwarupa hemat energi, Nirankara 2.0. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah (Jateng), merilis kendaraan purwarupa hemat energi, Nirankara 2.0.

Ntvnews.id, Jakarta - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah (Jateng), merilis kendaraan purwarupa hemat energi, Nirankara 2.0.

Karya Bengawan Tim UNS Solo ini merupakan kendaraan hemat energi beroda 3 dengan jarak tempuh mencapai 766 kilometer per liter.   

Nirankara 2.0 merupakan kendaraan hemat energi beroda tiga penyempurna generasi sebelumnya, yakni Nirankara 1.0. Pada model terbaru ini, tim berhasil mengurangi berat kendaraan hingga 15 kilogram.

Sebelumnya Nirankara 1.0 memiliki berat 60 kilogram dan model terbaru kali ini hanya seberat 45 kilogram belum termasuk bobot driver.

"Pengisian 1 liter bisa menempuh 700 km. Jadi ini prestasi cukup membanggakan, karena mereka mengaplikasikan keilmuan mereka di mobil ini. Baik itu mekanika fluida, termodinamika, perpindahan panas ataupun dari Prodi yang lain bisa mengaplikasikan di sini, ergonomis dari teknik industri dan yang lain. Kita harapkan bisa mendapatkan hasil terbaik karena bisa lebih dari 700 kilometer per liter," ujar Pembina Bengawan Team UNS, Syamsul Hadi, seperti diberitakan Nusantara TV dalam program NTV Today, Rabu (29/5/2024).

Sementara itu, perwakilan Bengawan Tim UNS Adam Sultoni Wibowo mengaku, kendaraan purwarupa hemat energi ini memiliki radius berbelok yang minim. 

"Kesulitannya karena kendaraan ini prototipe sehingga radius berbeloknya itu sangat kecil. Ini membuat ruang gerak driver-nya sangat minim," imbuhnya.

Halaman
x|close