Ntvnews.id, Jakarta - Chery Group kembali mencatatkan lonjakan penjualan produknya yang mengesankan. Secara kumulatif dari Januari hingga November 2024 penjualana naik 38,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Pencapaian ini menjadikan Chery Group sebagai satu-satunya produsen otomotif yang mencapai pertumbuhan dua digit, hingga berhasil mengamankan posisi kedua merek otomotif terlaris di China pada November 2024.
Hal itu berdasarkan data peringkat penjualan mobil di China yang dirilis pada awal Desember 2024.
Selama November 2024, Chery mencatatkan penjualan kendaraan energi terbarukan (new energy vehicle/NEV) maupun Internal Combustion Engine (ICE) sebanyak 280.463 unit, menandai peningkatan 32,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Sedangkan untuk periode Januari hingga November 2024, penjualan Chery Global secara kumulatif mencapai 2.305.411 unit, atau mengalami peningkatan sebesar 38.4 persen dari tahun sebelumnya yang berlaku untuk pasar domestik maupun impor ke luar negeri.
Catatan penjualan yang mengesankan tersebut, menjadikan Chery menjadi salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di industri otomotif China.
Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia menyebutkan, pertumbuhan angka penjualan yang luar biasa dari Chery Group pada November 2024, menjadi bukti nyata kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap Chery terus meningkat di seluruh dunia.
"Pertumbuhan angka penjualan yang luar biasa dari Chery Group pada 2024 sangat luar biasa. Selama lebih dari 20 tahun, Chery telah melakukan pendekatan untuk pengembangan kendaraan berbasis teknologi, mencapai kemajuan komprehensif dalam kendaraan berbahan bakar fosil, energi terbaru, konektivitas cerdas, dan kendaraan otonom," ujar Rifkie.
Data penjualan mobil di China. (Foto: Istimewa/Chery)
Chery Group juga secara konsisten berada di posisi empat besar dalam industri otomotif China, dominasi tersebut semakin kokoh berkat pencapaian ekspor global Chery mencapai 1.046.186 unit selama Januari hingga November 2024, terjadi peningkatan 22,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Capaian ini sekaligus mempertahankan gelar Chery Group sebagai eksportir mobil momor satu di China selama 22 tahun berturut-turut.
Tidak hanya itu, Chery juga memimpin dalam peralihan ke kendaraan energi baru (NEV) dengan pertumbuhan penjualan sebesar 214 persen, jauh melampaui rata-rata industri.
Dengan pangsa pasar SUV yang tetap di atas 14 persen, Chery juga membuktikan dominasinya di segmen yang sangat popular tersebut.
Baca Juga: Chery OMODA E5 Sukses Jelajahi 1.350 Km Jakarta-Bali dalam PLN Mobile EVenture 2024
Prestasi luar biasa ini menjadikan Chery sebagai satu-satunya produsen mobil yang berhasil mencapai pertumbuhan ganda di berbagai lini bisnis, baik NEV, kendaraan berbahan bakar fosil, maupun pasar domestik dan internasional.
Hal ini semakin memperkuat posisi Chery sebagai merek otomotif China kelas dunia dan menandai dimulainya era baru pengembangan berkualitas tinggi.
Inovasi Teknologi Mendorong Popularitas dan Penguatan Merek
Selama lebih dari dua dekade, Chery telah menempuh jalan pengembangan berbasis teknologi.
Sebuah perjalanan yang menghasilkan kemajuan komprehensif dalam lanskap otomotif, mulai dari kendaraan konvensional berbahan bakar, hingga inovasi energi baru, konektivitas cerdas, dan visi penggerak otonom.
Saat ini, jajaran produk ekspor Chery mencakup seri TIGGO, Arrizo dan eQ yang hadir dengan berbagai pilihan sumber energi seperti ICE, BEV dan PHEV.
Chery Group secara konsisten berada di posisi empat besar dalam industri otomotif China. (Foto: Istimewa/Chery)
Seluruh produk ini berlandaskan nilai-nilai utama Chery, yaitu "Green, Technology, Family, and Companionship", yang berkomitmen pada upaya pelestarian lingkungan dan penurunan karbon.
Inovasi juga diperluas untuk menjangkau bidang energi terbarukan, teknologi konektivitas pintar, solusi mobilitas bersama, pengembangan platform, dan ekosistem terkait.
Inovasi telah menjadi denyut nadi Chery selama 27 tahun berkiprah dalam industri otomotif, menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan dan penguatan merek berakar pada fondasi teknologi yang kokoh.
Sejak kelahirannya pada 1997, Chery telah menjadikan inovasi sebagai landasan strategi yang independen, dengan visi membangun "Chery Technology" dan "Chery Innovation".
Perjalanan ini telah menghasilkan terobosan signifikan, dimulai dari komponen inti seperti mesin, transmisi dan sasis, hingga merambah bidang-bidang mutakhir seperti pengembangan chip, sel baterai, perangkat lunak, sistem operasi, kabin pintar, platform awan, dan algoritma.
Komitmen ini menegaskan dedikasi Chery terhadap kemajuan teknologi otomotif. Hingga saat ini, lebih dari 31.000 aplikasi paten yang telah diajukan Chery dan memperoleh lebih dari 19.000 paten selama dua dekade meramaikan industri otomotif.
Chery Group juga telah menarik talenta terbaik dari berbagai belahan dunia, industri hingga lintas disiplin, kemudian membentuk tim-tim khusus "Chief Scientist" dan "PhD Elite".
Komitmen Chery untuk menjadi yang terdepan dalam hal inovasi turut dibuktikan lewat delapan pusat R&D global, lebih dari 300 laboratorium, 50 komite teknis, dan 12 komite teknologi manufaktur, dengan lebih dari 20.000 insinyur dan ilmuwan mendorong inovasi.
Chery juga telah membangun "open innovation ecosystem", dengan menggandeng universitas, lembaga penelitian, dan pemimpin industri untuk mendorong sinergi dan mencapai terobosan bersama.