Debut Perdana di IIMS 2025, DENZA Tegaskan Komitmen Tetapkan Standar Baru Kendaraan Listrik Premium

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Feb 2025, 11:59
thumbnail-author
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
DENZA hadir untuk pertama kalinya di IIMS 2025, pada 13-23 Februari di Hall B3 booth E3, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Foto: Istimewa/DENZA) DENZA hadir untuk pertama kalinya di IIMS 2025, pada 13-23 Februari di Hall B3 booth E3, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Foto: Istimewa/DENZA)

Ntvnews.id, Jakarta - DENZA, sub-brand premium dari Build Your Dreams (BYD), resmi memulai debutnya di pasar Indonesia dengan meluncurkan MPV flagship premium, DENZA D9, pada Januari lalu.

Pada kesempatan ini, DENZA hadir untuk pertama kalinya di ajang International Motor Show (IIMS), pada 13-23 Februari 2025 di Hall B3 booth E3, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dengan booth seluas 490 m². Ajang IIMS 2025 menjadi panggung bagi DENZA untuk menegaskan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman berkendara premium yang inovatif, nyaman, dan ramah lingkungan. Kehadiran DENZA juga semakin memperkuat komitmen BYD di segmen kendaraan premium di Indonesia. 

Dimulai pada 2010, ketika BYD dan Mercedes-Benz mendirikan joint venture untuk peluncuran industri kendaraan New Energy Vehicles (NEVs), melihat kemampuan BYD sebagai satu-satunya pemilik teknologi battery, motor dan controller EV secara komprehensif. BYD terus menerus menggunakan inovasi teknologi nya untuk memperkuat brand DENZA serta mengadakan restrukturisasi saham, hingga hari ini DENZA 100% dimiliki oleh BYD. 

Sejak awal hingga kini, DENZA bertujuan untuk menghadirkan standar baru dalam industri kendaraan listrik premium. Memulai peluncurannya dengan model pertama di tahun 2014, DENZA terus berkembang dan mengukuhkan posisinya sebagai merek premium di industri otomotif. Dengan inovasi berkelanjutan, DENZA menghadirkan berbagai model kendaraan elegan dan eksklusif, mencakup segmen SUV, MPV, dan Sedan. 

Setiap produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern yang mengutamakan kualitas, kenyamanan, dan teknologi mutakhir. Pada Mei 2022, DENZA meluncurkan DENZA D9 yang mendapatkan respon hangat di hati konsumen. 

Oleh sebab itu di China, hingga kini DENZA D9 telah terjual lebih dari 300 ribu unit, menjadikannya pemimpin dalam penjualan segmen MPV. Selain itu, model ini juga menempati peringkat pertama dalam nilai jual kembali untuk MPV premium serta meraih posisi teratas dalam kepuasan pelanggan.

Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia mengungkapkan kegembiraannya dalam membawa inovasi baru kendaraan multi-purpose electric vehicle di Indonesia. 

"Market Indonesia memiliki potensi besar dalam industri kendaraan listrik, dan DENZA berkomitmen untuk menjadi bagian dari transformasi ini. Kami percaya bahwa elektrifikasi kendaraan bukan hanya sebuah tren, tetapi sebuah evolusi menuju mobilitas yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan. Dengan hadirnya DENZA D9, kami ingin memberikan pengalaman berkendara yang sesuai dengan gaya hidup modern, sekaligus mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui inovasi dan teknologi terdepan," ujarnya.

Eksplorasi Kecanggihan Inovasi Teknologi DENZA dan DENZA D9

Tidak hanya memiliki fitur kelas tinggi dan tampilan mewah, model-model pada DENZA pun memiliki sistem teknologi canggih, seperti platform e3 yang powerful, mengintegrasikan Three Electric Motors, Rear Wheel Steering, CTB (Cell to Body), dan VMC (Vehicle Motion Control) untuk performa yang lebih stabil dan responsif dalam berbagai kondisi berkendara. Teknologi ini juga dilengkapi dengan DiSus intelligent body control system, yang mencakup DiSus-C sebagai suspensi aktif untuk menjaga stabilitas perjalanan, serta DiSus-A yang mampu menyesuaikan ketinggian kendaraan secara dinamis guna meningkatkan kenyamanan dan kemampuan berkendara di berbagai kondisi jalan.

Selain itu, DENZA juga didukung oleh Intelligent Driving Assist System melalui DENZA Pilot-Advanced Driver Assistance System. Sistem ini memanfaatkan LiDAR, radar, kamera, sensor ultrasonik, AI canggih, serta peta HD untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan intuitif. Dengan teknologi ini, kendaraan dapat mengenali kondisi jalan, mendeteksi objek di sekitarnya, serta membantu pengemudi dalam berbagai situasi, mulai dari melaju di jalan tol, menghadapi lalu lintas perkotaan, hingga melakukan parkir di ruang sempit dengan lebih mudah dan presisi.

DENZA D9 hadir dengan teknologi inovatif untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan performa. Menggunakan platform e-Platform 3.0 dan Blade Battery, kendaraan ini mampu menempuh hingga 600 km dalam sekali pengisian daya. Dengan dukungan fast charging 166 kW, perjalanan sejauh 150 km bisa dicapai hanya dalam 10 menit. Akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 9,5 detik, memberikan pengalaman berkendara yang gesit dan efisien.

Sistem DiLink menghadirkan pengalaman interaktif dengan layar utama 15,6 inci, panel instrumen MID 10,25 inci, serta layar kontrol di sandaran tangan kursi tengah. Fitur perintah suara "Hi DENZA" memungkinkan pengoperasian berbagai fungsi dengan respons visual yang intuitif.

Dari sisi keamanan, DENZA D9 dilengkapi dengan 8 airbags serta teknologi Auto Emergency Brake (AEB) membantu mencegah tabrakan dengan deteksi dini terhadap potensi bahaya. Selain itu, fitur Vehicle-to-Load (VtoL) memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk berbagai perangkat eksternal.

DENZA Z9GT. (Foto: Istimewa/DENZA) DENZA Z9GT. (Foto: Istimewa/DENZA)

Mengenal Lebih Dekat Inovasi Kendaraan DENZA pada Booth Perdananya

Booth DENZA di IIMS 2025 dirancang untuk memberikan pengalaman berharga bagi para pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat kemewahan dan inovasi yang ditawarkan oleh brand premium ini. Di area utama, pengunjung dapat melihat langsung dua unit DENZA D9 yang dipamerkan, menampilkan desain elegan dan teknologi canggih dari kendaraan premium EV.

Selain menikmati tampilan visual mewah dari DENZA D9, pengunjung juga dapat menjelajahi Area LED yang menghadirkan gambaran visi masa depan showroom DENZA di Indonesia. Area ini dirancang untuk memberikan wawasan mengenai bagaimana DENZA akan menghadirkan standar baru dalam pengalaman kepemilikan kendaraan premium di Tanah Air.

Bagi pecinta audio berkualitas tinggi, booth DENZA juga menghadirkan Devialet Area, tempat pengunjung dapat merasakan langsung keunggulan sistem audio premium yang juga digunakan di dalam kabin DENZA D9. Dengan teknologi dari Devialet, pengalaman mendengarkan musik di dalam mobil menjadi semakin mendalam dan memanjakan para pecinta otomotif dalam memberikan kenyamanan.

Untuk menambah kenyamanan, DENZA menyediakan area lounge premium bagi para pengunjung yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati atmosfer eksklusif secara langsung di dalam booth DENZA. Melalui berbagai area pengalaman yang dihadirkan, DENZA tidak hanya memperkenalkan produk unggulannya, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan langsung inovasi dan kemewahan yang menjadi standar brand ini.

Partisipasi DENZA di IIMS 2025 menjadi bukti komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pengunjung booth DENZA pada IIMS 2025, bisa mempelajari lebih jauh keunggulan fitur dan desain DENZA D9 yang sangat bergengsi. Selain berkonsultasi dengan DENZA associate, mereka juga bisa melakukan experience langsung bersama DENZA D9.

"Kami ingin memperkenalkan berbagai keistimewaan yang dimiliki DENZA D9 kepada pengunjung IIMS 2025 agar dapat memahami lebih jauh seluruh keunggulan yang memberikan arti kemewahan dalam pengalaman berkendara mereka. Kenikmatan perjalanan bersama DENZA D9 merupakan sebuah privilege yang didapatkan dari fitur dan desain premium hasil rancangan desainer yang mengutamakan keindahan dan kualitas," ujar Eagle Zhao.

Pada IIMS ini, DENZA tidak hanya menghadirkan flagship MPV DENZA D9, tetapi juga memperkenalkan model lain yang tak kalah menarik, yaitu DENZA Z9GT. Dalam kesempatan ini, para pecinta otomotif Indonesia dapat mengeksplorasi lebih jauh inovasi DENZA Z9GT, yang menjadi model pertama DENZA yang menggunakan platform e3 dengan teknologi tiga motor independen sebagai penggerak. Inovasi ini memungkinkan kendaraan bergerak lebih fleksibel, termasuk melakukan "crab walk", yang memungkinkan mobil melaju secara diagonal, serta compass u-turn, yang memungkinkan mobil berputar 360 derajat tanpa mengubah posisi roda depan.

Teknologi canggih ini tidak hanya dapat dibaca dalam spesifikasi, tetapi juga bisa dirasakan secara langsung oleh pengunjung IIMS 2025. DENZA menghadirkan area khusus untuk demonstrasi platform e3, di mana pengunjung dapat melihat secara nyata bagaimana crab walk dan compass u-turn bekerja. Dengan pengalaman interaktif ini, DENZA ingin menunjukkan bagaimana inovasi mampu menghadirkan standar baru dalam kemudahan berkendara dan manuver yang lebih efisien di berbagai kondisi jalan.

Komitmen DENZA dalam Menjangkau Masyarakat yang Lebih Luas

DENZA terus berkomitmen untuk menjangkau masyarakat lebih luas dengan menghadirkan showroom baru di BSD, Kelapa Gading, Bali, dan berbagai lokasi lainnya di seluruh Indonesia. Langkah ini membawa standar layanan premium yang lebih dekat dengan pelanggan, memperkuat ekosistem kendaraan listrik yang inovatif.

Dengan desain showroom yang modern dan eksklusif, setiap detail dirancang untuk menghadirkan kenyamanan serta pengalaman premium bagi pelanggan. Kedepannya, layanan Exclusive Customer Hotline 24/7 akan dihadirkan untuk memberikan dukungan lebih baik bagi pemilik DENZA, memastikan pengalaman kepemilikan yang lebih tenang dan nyaman.

Sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung mobilitas kendaraan listrik di Indonesia, DENZA juga berupaya untuk menghadirkan public charging khusus di lokasi-lokasi strategis. Sejak bulan Februari 2025, DENZA telah melakukan pengiriman DENZA D9 kepada pelanggannya, menandai kehadiran model MPV premium ini di Indonesia.

"Pembangunan jaringan showroom terus diperluas sebagai bagian dari komitmen dalam menghadirkan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik premium yang lebih dekat dengan pelanggan. DENZA Showroom kini telah hadir di beberapa area strategis Jakarta seperti Gatot Subroto, Pluit, Kelapa Gading, BSD dan Denpasar Bali serta akan terus berkembang ke berbagai lokasi strategis lainnya untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia," ujar Eagle Zhao.

Denza D9 ditawarkan dalam pilihan dapur pacu elektrik murni (BEV) yang dibanderol Rp 950 juta OTR Jakarta. Ada beberapa opsi warna yang bisa dipilih konsumen, mulai dari Arctic White, Cosmos Black, Whale Sea Blue, dan Harbour Grey.

Kehadiran DENZA di IIMS 2025 juga diwarnai dengan berbagai kegiatan menarik dan interaktif yang memungkinkan pengunjung untuk lebih dekat mengenal DENZA D9, termasuk teknologi canggih dan desain inovatif yang menjadi ciri khas brand ini. DENZA juga menekankan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui berbagai inisiatif ramah lingkungan yang diintegrasikan dalam setiap aspek bisnisnya. Pengunjung dapat mengeksplorasi kemewahan DENZA D9 dan DENZA Z9 GT secara langsung selama IIMS 2025 berlangsung di Hall B3 booth E3 JIExpo Kemayoran, Jakarta.

x|close