Strategi Mitsubishi Fuso Rajai Pasar Kendaraan Niaga pada 2025

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Mar 2025, 22:33
thumbnail-author
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Aji Jaya, Sales & Marketing Director KTB. (Foto: Adiantoro/NTV) Aji Jaya, Sales & Marketing Director KTB. (Foto: Adiantoro/NTV)

Ntvnews.id, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia, kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia.

Pada 2024, Mitsubishi Fuso berhasil meraih pangsa pasar sebesar 38,1%, setara dengan 27.683 unit, dengan varian Canter mendominasi segmen Light Duty Truck (LDT) sebesar 53,1% atau 25.219 unit. Di segmen Medium Duty Truck (MDT), Fighter X berkontribusi 2.436 unit dengan pangsa pasar 13,3%.

Menghadapi 2025, Mitsubishi Fuso menargetkan pertumbuhan pangsa pasar menjadi 40%, seiring dengan perayaan 55 tahun kehadirannya di Indonesia. Untuk mencapai target ini, Mitsubishi Fuso telah menyiapkan strategi agresif yang fokus pada ekspansi layanan purna jual, peluncuran produk baru, dan pendekatan yang lebih personal terhadap kebutuhan bisnis konsumen.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director KTB, menjelaskan perjalanan Mitsubishi Fuso selama 55 tahun merupakan momen penting bagi perusahaan. Tahun 2024 menjadi bukti Fuso tetap menjadi pilihan utama meskipun pasar menghadapi tantangan. 

"Di 2025, kami akan menerapkan strategi yang lebih agresif untuk penetrasi pasar kendaraan niaga," ujar Aji Jaya dalam acara buka puasa bersama media di Jakarta pada Jumat, 21 Maret 2025.

Guna memperkuat fondasi bisnis, Mitsubishi Fuso terus berinovasi dalam sektor layanan purna jual dengan memperluas jaringan yang kini mencakup 223 diler, 19 Bengkel Siaga 24 Jam, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service, dan lebih dari 7.000 outlet suku cadang di seluruh Indonesia.

Selain itu, digitalisasi layanan juga ditingkatkan melalui kehadiran Fuso Spare Parts Official di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta aplikasi MyFUSO dan Runner Telematics untuk meningkatkan efisiensi operasional pelanggan.

Mitsubishi Fuso telah menyiapkan strategi agresif dalam menghadapi 2025. (Foto: Adiantoro/NTV) Mitsubishi Fuso telah menyiapkan strategi agresif dalam menghadapi 2025. (Foto: Adiantoro/NTV)

Daisuke Okamoto, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, menyatakan Bisnis Sejati akan menjadi kunci sukses Mitsubishi Fuso dalam merayakan 55 tahun keberadaannya, serta memberikan nilai tambah bagi konsumen. 

"Kami akan fokus pada pengoptimalan seluruh fasilitas After Sales Service untuk mendukung Zero Down Time, yang akan menjadi senjata utama kami untuk memenangkan persaingan," jelas Daisuke.

Dia juga menambahkan, perusahaan akan memberikan layanan layaknya seorang Konsultan Bisnis, yang akan mendampingi kesuksesan bisnis pelanggan dari awal hingga akhir secara profesional. 

"Kami juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbisnis dengan Nilai Masa Guna Terbaik, yang dapat disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan bisnis konsumen untuk meningkatkan kinerja mereka," tambahnya.

Sepanjang 2024, Mitsubishi Fuso meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Top Brand 100 Award 2025 dan WOW Brand 2025 sebagai Gold Champion, yang semakin mengukuhkan reputasinya sebagai merek kendaraan niaga terkemuka di Indonesia.

Dengan kombinasi keunggulan produk, dukungan layanan yang solid, dan strategi pemasaran yang berfokus pada kebutuhan konsumen, Mitsubishi Fuso optimis dapat meningkatkan daya saing dan memperkuat posisinya sebagai mitra bisnis terpercaya di pasar kendaraan niaga Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Mitsubishi Fuso juga memperkenalkan logo baru untuk merayakan 55 tahun kiprahnya di Indonesia. Logo tersebut, yang mengandung simbol infinity (tak terbatas) berwarna emas, melambangkan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan tanpa henti bagi seluruh konsumennya.

x|close